Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media audio visual dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di SD IT Raudhaturrahmah Pekanbaru. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK yang masih bersifat monoton, konvensional, dan kurang menarik. Penggunaan media audio visual diharapkan dapat menjadi solusi inovatif untuk menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan, sehingga mampu meningkatkan minat serta partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen lemah (weak experiment) dengan pendekatan kuantitatif, tanpa melibatkan kelompok kontrol. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SD IT Raudhaturrahmah yang dipilih secara purposive. Teknik pengumpulan data meliputi kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif untuk melihat perubahan motivasi belajar sebelum dan sesudah penggunaan media audio visual. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada tingkat motivasi belajar siswa setelah diterapkannya media audio visual dalam pembelajaran PJOK. Siswa terlihat lebih antusias, aktif berpartisipasi, dan menunjukkan minat yang lebih tinggi terhadap materi pelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual berpengaruh positif terhadap peningkatan motivasi belajar siswa, serta dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran inovatif bagi guru PJOK untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di sekolah dasar.
Referensi
Dharma Sanjaya, P. M., & Rediani, N. N. (2022). Pembelajaran Berbantuan Video Model Latihan Renang Gaya Bebas Terhadap Penguasaan Gaya Bebas dan Kecepatan Renang Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 295–303. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.50248
Fitria, A. (2014). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Peroses Pembelajaran. Cakrawala Dini, 5(2), 61. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498
Ismaniati, C. (2013). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. 15. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Dr. Christina Ismaniati, M.Pd./Penggunaan Teknologi Informasi dan komunikasi dalam peningkatan kualitas pembelajaran.pdf
Manongga, A. (2021). Pentingnya teknologi informasi dalam mendukung proses belajar mengajar di sekolah dasar. Pascasarjana Univearsitas Negeri Gorontalo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 978-623– 98(November), 1–7.
Parwata, I. M. Y. (2021). Pengaruh Metode Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan: Meta-Analisis. Indonesian Journal of Educational Development, 2(1), 1–9. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/ijed/article/view/1155
Purwanto, S. K. (2018). Statistika untuk ekonomi dan keuangan modern.
Rabbani, S., Tussa’adah, M. M., & Novriyanti, R. B. (2021). Pembelajaran Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Menggunakan Media Ular Tangga Berkartu Di Masa Pandemic COVID-19 Melalui Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi, 8(1), 46–57.
Sanita, S., & Saparia, A. (2023). Peran teknologi pendidikan dalam inovasi pembelajaran di MTSN 1 poso. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 22(4), 69.https://doi.org/10.20527/multilateral.v22i4.16587
Sari, E. F. N., Siregar, N. M., Sukiri, S., Susanti, D., & Umar, F. (2023). Sosialisasi Aplikasi Android sebagai Materi Ajar Gerak Dasar Lokomotor bagi Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 14. https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i1.6613
Sarie, F. N. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar Kelas VI. Tunas Nusantara, 4(2), 492–498. https://doi.org/10.34001/jtn.v4i2.3782
Saputra, D. D., Tahir, M., & Ermiana, I. (2022). Pengaruh Metode Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas V Di Sdn 12 Ampenan Tahun Ajaran 2021. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary EducationalJournal,3(1),1–9. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.29303/Pendas.V3i1.84
Shinta, M., & Ain, S. Q. (2021). Strategi Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4045–4052. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1507
Shofiyah, N., Nisak Aulina, C., & Efendi, N. (2021). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Pembuatan Video Pembelajaran Sains Berbasis Smartphone. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1, 23–33. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i1.29
Sugiyono. 2019. Metode Peneltian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabet
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
