Abstrak
Penelitian ini dilakukan karena siswa peserta ekstrakurikuler futsal di SMAN 16 Garut dinilai kurang antusias dan kurang tertarik dengan metode latihan yang diberikan oleh Pembina, sehingga proses latihan tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh latihan shooting menggunakan sasaran terhadap peningkatan ketepatan tendangan shooting peserta ekstrakurikuler futsal di SMAN 16 Garut. Penelitian ini adalah eksperimen semu atau eksperimen kuasi (Quasi Eksperiment) pengambilan data dengan one groups pretest-postest design yaitu eksperimen yang dilakukan hanya pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Instrumen penelitian berupa tes tendangan shooting mengunakan sasaran permainan futsal. Populasi penelitian ini adalah siswa peserta ekstrakurikuler futsal di SMAN 16 Garut yang berjumlah 20 anak. Pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling, dimana seluruh populasi dijadikan sampel penelitian yaitu 20 siswa. Teknik analisis data meliputi uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil perhitungan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 6,08 > 1,73. Sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan dari model latihan sasaran terhadap peningkatan ketepatan tendangan shooting peserta ekstrakurikuler futsal di SMAN 16 Garut.
Referensi
Anam, K., & Rizqi Azizah, A. (2024). Latihan target gawang terhadap ketepatan tendangan shooting menggunakan punggung kaki pada Satria Lorenz Futsal Academy. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(1).
Firmansah, A., Nurhidayat, D., & Hakim, L. (2024). Peningkatan ketepatan shooting pada permainan futsal melalui permainan sasaran target siswa usia 14-15 tahun. Journal On Education, 5(3).
Handayani, P., Handayani, W., & Putri, S. A. R. (2024). Survey ability futsal shooting accuracy of Ramayana futsal athletes. PPSDP International Journal of Education, 3(2), 53-65.
Hasmyati, & Mappanyukki, A. (2023). The relationship between anxiety level and shooting accuracy in futsal athletes. Journal of Sport Education, Coaching, and Health (JOCCA).
Hutomo, D., Kristiyanto, A., & Purnama, S. (2019). Pengaruh Latihan Shooting Terhadap Ketepatan Shooting dalam Permainan Futsal. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 4(2), 115–124.
Kadhim, T. H., Abdulridha, S., & Murad, N. (2024). The effect of special exercises on developing the rolling speed and accuracy of shooting in futsal. Jurnal Pendidikan Olahraga, 3(1).
Mahani, R. A., & Indriarsa, N. (2024). Hubungan konsentrasi terhadap ketepatan shooting pada ekstrakurikuler futsal putri. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan.
Mashud, M., Hamid, A., & Abdillah, M. (2019). Pembelajaran Teknik Dasar Futsal dalam Pendidikan Jasmani. Jakarta: Rajawali Pers.
Narlan, & Abdul. (2017). Tes Keterampilan Shooting dalam Permainan Futsal. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Press.
Noonun, C., Tulyakul, S., & Disawat, M. (2025). Effect of the station training program on shooting accuracy in futsal. African Educational Research Journal, 13(4), 403-410.
Nosa, A., Istofian, R., & Amiq, F. (2018). Analisis Teknik Shooting dalam Permainan Futsal pada Mahasiswa. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 6(1), 45–53.
Rifqi Aiman, I., & Darmanto, F. (2024). The relationship between leg muscle strength and balance with shooting accuracy among futsal extracurricular participants. COMPETITOR: Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 17(2).
Safitra Madu, R., Pamot Raharjo, H., & Raharjo, A. (2024). The influence of drill method and leg power training on shooting accuracy in futsal club players. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga.
Seran, M. R., Sumaryanti, & Munir, A. (2024). Correlation of balance, coordination, and power of leg muscles to the quality of shooting ability in futsal games. International Journal of Multidisciplinary Research and Analysis, 7(4), 1794-1802.
Syakur, A., & Paramitha, D. (2019). Futsal: Teori dan Praktik Permainan. Surabaya: Unesa University Press.
Toha, A. (2020). Teknik Dasar Permainan Futsal untuk Pemula. Yogyakarta: Deepublish.
