Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas sarana dan prasarana terhadap motivasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler bola voli di SMA Negeri 1 Subang. Fasilitas yang baik tidak hanya memengaruhi kenyamanan berlatih, tetapi juga berperan dalam meningkatkan semangat, minat, serta motivasi siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan olahraga sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan desain korelasional. Sampel penelitian terdiri dari sepuluh siswa yang aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan bantuan perangkat lunak statistik. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara kualitas sarana dan prasarana dengan tingkat motivasi siswa. Semakin baik kualitas fasilitas olahraga yang tersedia, semakin tinggi pula motivasi siswa untuk berlatih dan berprestasi. Temuan ini mendukung teori motivasi Herzberg yang menegaskan bahwa faktor lingkungan dapat meningkatkan dorongan intrinsik seseorang dalam beraktivitas. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar sekolah terus melakukan perbaikan dan pemeliharaan fasilitas olahraga secara berkelanjutan guna menciptakan suasana latihan yang kondusif dan menyenangkan. Selain itu, penelitian lanjutan diharapkan dapat mempertimbangkan variabel lain seperti peran pelatih, dukungan sosial, dan lingkungan belajar agar diperoleh pemahaman yang lebih komprehensif tentang faktor-faktor yang memengaruhi motivasi siswa.
Referensi
Abduh, M. (2016). Pendidikan Jasmani Sebagai Bagian Integral dari Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Astuti, S., Rahayu, N., & Sulastri, E. (2023). Peran Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu dan Daya Saing Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(2), 115–126. https://doi.org/10.23887/jpi.v12i2.54321
Cahyono, B. (2022). Motivasi Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya pada Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Psikologi, 9(1), 253–262. https://doi.org/10.21009/jpp.091.253
Daya, A., Mulyadi, S., & Rahman, A. (2017). Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Aktivitas Olahraga Terstruktur. Jurnal Olahraga dan Pendidikan, 5(1), 45–53.
Defliyanto, H., Rahmawati, E., & Sitorus, N. (2021). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Peningkatan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 8(3), 201–212. https://doi.org/10.24036/jap.v8i3.9812
Dhali, R., Yusran, H., & Fikri, M. (2019). Pengaruh Sarana dan Prasarana terhadap Kualitas Pembelajaran Pendidikan Jasmani. International Journal of Physical Education Studies, 4(2), 89–98. https://doi.org/10.36706/ijpes.v4i2.1876
Hendriadi, I. G. O. (2021). Analisis Ketersediaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Indonesia, 2(1), 56–65. https://doi.org/10.21009/jpjo.021.056
Husni Abdilah, A., Prasetyo, R., & Sari, D. (2021). Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Meningkatkan Kompetensi Non-Akademik Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 10(2), 180–192. https://doi.org/10.31004/jipd.v10i2.1348
Ibrahim, M., Rahmat, F., & Kurnia, N. (2023). The Role of Education in Social and Economic Development: A Global Perspective. International Journal of Education Research and Innovation, 15(1), 77–89. https://doi.org/10.29333/ijer.v15i1.3423
Maruf Alfiyana, M., Subarkah, S., Rahayu, I., & Ita, R. (2024). Pelaksanaan Ekstrakurikuler dalam Peningkatan Kedisiplinan dan Kerjasama Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 19(1), 1–12. https://doi.org/10.33830/jipp.v19i1.4101
Mualimul Huda. (2017). Psikologi Pendidikan dan Motivasi Belajar Siswa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Permendikbud No. 62 Tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Putra, Y. P., & Perdima, R. (t.t.). Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani. Jurnal Kebugaran dan Kesehatan Masyarakat, 3(1), 1–8.
Rasyono, D. (2016). Analisis Pengaruh Fasilitas dan Lingkungan terhadap Prestasi Ekstrakurikuler Bola Voli di Sekolah Menengah. Jurnal Olahraga dan Pembelajaran, 3(2), 25–32.
Saleh, A., & Ramdhani, A. (2020). Pendidikan Jasmani dan Pengembangan Karakter Siswa di Sekolah. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 8(1), 50–60.
Setiyoko, B., & Wisnu, A. (t.t.). Kualitas Pendidikan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Nasional, 9(1), 12–21.
Supriyadi. (2019). Ketersediaan Sarana dan Prasarana serta Dampaknya terhadap Prestasi Ekstrakurikuler Olahraga. Jurnal Manajemen Olahraga dan Kesehatan, 7(3), 233–240. https://doi.org/10.31004/jmok.v7i3.1422
Syaleh, A. (2017). Pengantar Permainan Bola Voli dan Pembinaannya di Sekolah. Bandung: Alfabeta.
Yulia, N., Hartati, S., & Damanik, P. (2020). Sejarah dan Perkembangan Olahraga Bola Voli di Indonesia. Jurnal Olahraga Nasional, 5(2), 110–120. https://doi.org/10.20884/jon.v5i2.1285
