Peningkatan Keterampilan Dasar Servis Bawah pada Permainan Bola Voli Siswa Kelas VI SD Inpres Kaleke

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dasar servis bawah dalam permainan bola voli melalui penerapan modifikasi permainan pada siswa kelas VI SD Inpres Kaleke. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya tingkat penguasaan teknik servis bawah pada kondisi awal pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 18 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam keterampilan servis bawah siswa. Pada tahap awal, hanya 3 siswa yang mencapai ketuntasan. Setelah dilakukan tindakan, jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 6 pada siklus I, dan mencapai 15 siswa pada siklus II. Peningkatan ini juga tercermin dari pemerataan nilai siswa dalam kategori cukup hingga sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran melalui modifikasi permainan efektif dalam meningkatkan hasil belajar teknik servis bawah bola voli. Pendekatan ini menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, meningkatkan motivasi, dan memberikan kesempatan berlatih yang optimal sehingga keterampilan siswa berkembang sesuai dengan target pembelajaran.

https://doi.org/10.31258/jassi.4.4.144-151
PDF (English)

Referensi

Arifin, Z., & Nugroho, A. (2020). Variasi pembelajaran PJOK dalam meningkatkan keterlibatan siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani

Arsyad. (2021). Peran guru dalam inovasi pembelajaran jasmani. Jurnal Pendidikan Olahraga

Bailey, R., Armour, K., Kirk, D., Jess, M., Pickup, I., & Sandford, R. (2009). The educational benefits claimed for physical education and school sport: An academic review. Research Papers in Education, 24(1), 1–27. https://doi.org/10.1080/02671520701809817

Hamalik, O. (2020). Proses belajar mengajar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(1), 50–60.

Herman, A. (2019). Analisis faktor kegagalan servis bawah bola voli pada siswa SMP. Jurnal Olahraga Prestasi, 5(2), 40–48.

Hidayat, R. (2021). Inovasi metode pembelajaran PJOK untuk meningkatkan keterampilan motorik. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 17(1), 50–60. https://doi.org/10.21831/jpji.v17i1.38631

Mulyasa, E. (2015). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mustaqim, M. (2023). Strategi pembelajaran jasmani yang komunikatif dan menyenangkan. Jurnal Olahraga dan Pendidikan, 9(2), 95–110.

Mustaqim, M. (2023). Variasi metode pembelajaran dalam pendidikan jasmani. Jurnal Pendidikan Olahraga Indonesia, 9(2), 98–108.

Nugroho, B. (2018). Teknik dasar permainan bola voli. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 4(2), 61–70.

Putra, H., & Hidayat, R. (2020). Kajian teknik dasar servis bawah pada permainan bola voli. Jurnal Olahraga, 9(1), 70–78.

Rusman. (2017). Belajar dan pembelajaran: Berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, W. (2016). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sari, N. (2022). Analisis teknik servis bawah dalam pembelajaran bola voli. Jurnal Pendidikan Jasmani, 8(2), 58–65.

Siedentop, D., Hastie, P. A., & van der Mars, H. (2019). Complete guide to sport education (3rd ed.). Champaign, IL: Human Kinetics.

Suherman, A. (2018). Penerapan variasi metode latihan untuk meningkatkan hasil belajar servis bawah bola voli. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 7(2), 70–80.

Sunardi. (2022). Pendekatan variasi mengajar pada keterampilan dasar bola voli. Jurnal Pendidikan Olahraga, 11(2), 88–95.