Abstract
Pendidikan adalah usaha yang sudah direncanakan guna mewujudkan tujuan pembelajaran. Di kehidupan masyarakat ada anak yang terlahir dalam keadaan normal dan ada juga anak yang terlahir dalam keadaan memiliki kebutuhan khusus. Pelaksanaan pembelajaran di kota Pekanbaru mengalami kendala di tengah masih adanya penyebaran wabah Covid-19 sehingga pelaksanaan pembelajaran di kota Pekanbaru di batasi. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, populasi dalam penelitian ini adalah tempat, pelaku dan aktivitas. Teknik penarikan sempel adalah purposive sampling yang menjadi instrument adalah peneliti sendiri. Pengumpulan data menggunakan teknik triangulasi. Penelitian ini menghasilkan pembahasan peneltian, bahwa tidak semuanya yang ada pada tujuan dari rumusan pemebelajaran penjas adaptif baik secara teori materi dan peraktek terlaksana dan penyusunan RPP di sesuaikan dengan karakteristik peserta didik, dan pembelajaran tidak berpatokan pada RPP. Kesimpulan adalah pelaksanaan pembelajaran penjas adaptif di SLB Sri Mujinab Pekanbaru pada kegiatan tatap muka terbatas tidak terlaksana dengan baik apa yang tertulis di tujuan yang ada di dalam rumusan pembelajaran penjas adaptif, pelaksanaan pembelajaran penjas adaptif di SLB Sri Mujinab Pekanbaru pada kegiatan tatap muka terbatas tidak berpatokan pada RPP pelaksanaan pembelajaran penjas adaptif di SLB Sri Mujinab Pekanbaru pada kegiatan tatap muka terbatas berhasil melaksanakan protokol kesehatan
References
Arfin, M. (2016). Ensiklopedi Anak Berkebutuhan Khusus. Maxima.
Daryanto. (2013). Adminitrasi dan Menejemen Sekolah. Rineka Cipta.
Jazuli, M. F. (2016). Pelaksanaan Pembelajaran PAI Pada Anak Tunanetradi SDLB A PRPCN Palembang. UIN Raden Fatah Palembang, 24.
Julitriarsa, D., & Suprihanto, J. (2008). Menejemen Umum Sebuah Pengantar (1st ed.). BPFE.
Jumeri. (2022). Direktorat Sekolah Dasar. Kemendikbud. fromkemendikbud.go.id:https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/semua-sekolah-wajib-melaksanakan-ptm-terbatas-pada-2022
Kebudayaan, K. P. (2013). Pedoman Penyelenggaraan Program Pendidikan Jasmani Adaptif Bagi Peserta Didik Berkebutuhan khsusus di Sekolah Inklusi. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Munthe, B. (2014). Desain Pembelajaran. Pustaka Insan Madani.
Prastowo, A. (2015). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Terpadu. Prenadamedia Group.
Priyono, T. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Anak Tunagrahita di SD Negeri Bangunrejo 2 Kota Yogyakarta. E-Prints Uny, 19.
Rahmatullah, M. I. (2019). Pengembangan Konsep Pembelajaran Literasi Digital Berbasis Media E-Learning Pada Mata Pelajaran PJOK di SMA Kota Yogyakarta. JOURNAL OF SPORT EDUCATION, 1, 56–65.
Saifulah, E. T. (2009). Pengantar Menejemen. Salemba empat.
Sartika, Y. (2013). Ragam Media Pembelajaran Penjas Adaptif Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Inti Media.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (3rd ed.). CV. ALFABETA.
Supriyadi. (2015). Strategi Belajar Mengajar. Cakrawala Ilmu.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright (c) 2022 Journal Sport Science Indonesia