Abstract
Olahraga merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional, dimana proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani bertujuan untuk meningkatkan kondisi fisik, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan, perilaku pola hidup sehat, aktif, kecerdasan emosional dan kemampuan melakukan suatu gerak. Selama masa darurat COVID-19, proses pembelajaran dilakukan dari rumah melalui platform pembelajaran online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis pembelajaran penjasorkes online siswa kelas XI SMA Negeri 12 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 54 siswa yang telah dipilih dengan pertimbangan tertentu. Data diperoleh melalui pengumpulan data menggunakan angket yang diwujudkan dalam bentuk pernyataan dalam skala likkert. Berdasarkan penelitian pembelajaran penjasorkes secara daring siswa kelas XI SMA Negeri 12 Pekanbaru secara kesuluruhan indikator dengan rerata skor 180,5 dan tingkat capaian responden 69,4% dengan kategori baik. Penelitian ini diharapkan mampu menjadi rujukan untuk bahan evaluasi untuk sekolah, guru, dan siswa saat menjalankan pembelajaran secara daring
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.
Nakayama, M., Yamamoto, H., & Santiago, R. (2007). The Impact of Learner Characteristics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students. Electronic Journal of E-Learning, 5(3), 195–206.
Purna, S. K., Kardiyanto, M. P. D. D. W., Or, S., Angga, M. P. D. P. D., & Or, S. (2020). Kerangka Pembinaan Olahraga Disabilitas. Zifatama Jawara.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta.
Suherman, W. S. (2018). Kurikulum Pendidikan Jasmani dan Teori Hingga Evaluasi Kurikulum. PT Raja Grafindo Persada.
Supriyadi, M. (2018). Pelaksanaan proses belajar mengajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada Sekolah Dasar. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(2), 64–73.
Surjanti, J., Soejoto, A., & Seno, D. N. (2020). Mangrove forest ecotourism: Participatory ecological learning and sustainability of students’ behavior through self-efficacy and self-concept. Social Sciences & Humanities Open, 2(1), 100009.
Utama, A. M. B. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas BermainDalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(1).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright (c) 2022 Journal Sport Science Indonesia