TINGKAT KECEMASAN DAN STRES AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN OLAHRAGA ANGKATAN 17 UNIVERSITAS RIAU DALAM PENYUSUNAN SKRIPSI DI MASA PANDEMI COVID-19
PDF

Keywords

Kecemasan
Stres
Skripsi

Abstract

Proses penyusunan skripsi dilakukan oleh setiap mahasiswa secara individu agar mahasiswa dapat mandiri dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan penelitian yang sedang mereka lakukan. Skripsi sering menjadi sumber kecemasan dan stres bagi mahasiswa yang berada di tahap akhir kuliah sebelum mendapatkan gelar sarjana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kecemasan dan stres akademik mahasiswa pendidikan olahraga angkatan 17 Universitas Riau saat menyusun skripsi di masa pandemi COVID-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel mahasiswa Pendidikan Olahraga Universitas Riau angkatan 2017 yang mengambil mata kuliah skripsi adalah 32 mahasiswa. metode penelitian dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diwujudkan dalam bentuk pernyataan dalam skala likert. Tingkat kecemasan dan stres akademik mahasiswa pendidikan olahraga angkatan 17 Universitas Riau dalam penyusunan skripsi di masa pandemi COVID-19 berada pada kategori tinggi dengan tingkat hasil 78,1% dengan jumlah mahasiswa 30 orang. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi mahasiswa agar dapat lebih mempersiapkan diri dalam mengerjakan skripsi dan memperhatikan faktor mana yang paling rentan mengalami kecemasan dan stres.

https://doi.org/10.31258/jassi.1.2.60-67
PDF

References

Anam, K. (2013). Pengembangan Latihan Ketepatan Tendangan dalam Sepakbola untuk Anak Kelommpok Umur 13-14 Tahun. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 3(2).

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.

Arisman, A., & Noviarini, T. (2021). Tabata Workout dalam Meningkatkan Kebugaran Atlet Panahan. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 4(1), 12–22.

Badaru, B. (2021). Analisis Vo2 Max Tim Futsal Sma Negeri 22 Makassar. SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation, 5(1), 64–70.

Ismaryati. (2013). Tes & Pengukuran Olahraga. Rineka Cipta.

Martens, R. (2004). Succesful Coaching. Human Kinetics.

Okilanda, A. (2018). Revitalisasi Masyarakat Urban/Perkotaan Melalui Olahraga Petanque. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 1(1), 86–98.

Okilanda, A., Dlis, F., Humaid, H., Putra, D. D., & Arisman, M. (2021). Defense warm-up exercise material for 13-age athlete using video technology in covid-19 era. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 629–634.

Siswanto, A. (2017). Pengaruh latihan pliometrik knee tuck jump dan barrier hops terhadap hasil tendangann ke gawang (shooting) siswa putra kelas X SMK Kartanegara Kota Kediri Tahun 2016/2017.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Journal Sport Science Indonesia