Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah pada kebijakam pemerintah yang mengharuskan semua lembaga pendidikan di seluruh Indonesia untuk melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring dikarenakan sedang terjadi wabah covid-19, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa penjaskesrek Universitas Riau angkatan 2019 kelas b dalam pengunaan google meet dan zoom dalam pembelajaran daring. Populasi pada penelitian ini adalah Mahasiswa penjaskesrek Universitas Riau angkatan 2019 kelas b yang menggunakan teknik total sampling yang berjumlah 38 mahasiswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengunakan lembar angket. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan presentase %. Berdasarkan uraian hasil penelitian dan pembahasan maka penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan dari seluruh jumlah yang akumulasikan pada kuisioner dari 38 mahasiswa mendapatkan 93,85% dengan kategori sangat baik.
Kata Kunci: Pembelajaran daring, Google Meet, Zoom
References
Firdaus, Kamal. 2012. Psikologi Olahraga. Padang: Fakultas Ilmu Keolahragaan.
Hamalik, O. (2008). Kurikulum pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika.
Jayul Achmad., and Edi Irwanto., 2020. Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19.Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi 6(2): 190-199. Universitas PGRI. Banyuwangi.
Jalaluddin Rahmat (2003:52) faktor yang menentukan persepsi.
Lashley. (2014). penggunaan teknologi.
Niko, N. (2020). Poor and Hunger: How Do Indigenous Peoples’ Respond to COVID-19 in Indonesia?. Journal of Community Development Research (Humanities and Social Sciences), 14(1), 81-92.
Nurbadriati, (2021). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Universitas Riau Terhadap Pembelajaran Melalui Google Classroom. Skripsi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. FKIP UNRI.
Rahmat, J.,(2003). Pendidikan Agama Islam Dan Demokrasi. Studi Interdisipliner Pendidikan Agama Islam Multikultural, 26.
Rasyono. Juli, 2019. Pemanfaatan Revolusi Industri 4.0 dalam Mendukung Akselerasi Informasi Keberbakatan Olahraga Melalui Pembelajaran Penjas. Jurnal Ilmiah Penjas. 5(2):11-21.
Setyoko, Subido. 2002. Psikologi Olahraga. Jakarta: Unit Percetakan Universitas Jakarta.
Sugiono. (2006). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyanto, R., Utami, A., & Abeng, A. T. (2018). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Vidio untuk Guru Sekolah Dasar Kota Palangka Raya. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 196-201.
Sukintaka. (2001). Teori Pendidikan Jasmani. Solo: Esa Grafika.
Sumbodo, P. P. (2016). Penerapan metode kooperatif tipe teams games tournament (tgt) untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan bolavoli pada siswa kelas xi tsm smk murni 1 surakarta tahun pelajaran 2015/2016.
Suryobroto, Agus S. (2004). Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani.