Abstract
Tujuan penelitian yang dilaksanakan yakni untuk mengetahui kebugaran jasmani pada siswa aktif kegiatan keolahragaan di SMA Negeri 1 Pandaan sehingga dapat memperlancar kegiatan pembelajaran siswa di sekolah yang sebelumnya belum pernah dilaksanakan tes kebugaran jasmani sesuai norma tes kebugaran jasmani Indonesia (TKJI) usia 16-19 tahun secara satu rangkaian utuh dikarenakan adanya kendala seperti faktor pandemi, alokasi waktu terbatas serta kurang memadainya sarana prasarana. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian survei deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Pada penelitian ini berjumlah 144 siswa sebagai populasi dan 82 siswa sebagai sampel penelitian. Instrumen pada pelaksanaan penelitian ialah intrumen tes kebugaran jasmani Indonesia (TKJI) usia 16-19 tahun yang terdiri dari 5 tes yaitu tes gantung angkat tubuh atau gantung siku tekuk, tes lari 60 meter, tes lari 1200 atau 1000 meter, tes duduk baring, dan tes loncat tegak. Hasil penelitian didapatkan yaitu tergolong pada kategori sedang. Diperlukan adanya usaha mencapai kebugaran jasmani dengan baik yang dapat dilakukan siswa serta guru PJOK dapat melaksanakan tes kebugaran jasmani pada siswa secara berkala.
Kata Kunci: kebugaran jasmani, pendidikan jasmani
References
Afdinda, R., Saputra, E., & Iqroni, D. (2021). Kontribusi Pola Hidup Sehat Dan Circuit Training Terhadap Kebugaran Jasmani. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia, 1(2), 136–142. https://doi.org/10.55081/joki.v1i2.311
Akbar, M. H. (2015). Survei tingkat kebugaran jasmani siswa kelas X, Xi dan Xii SMA 3 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(3), 702–708. https://doi.org/https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/14347
Ardiyanto, A., Purnamasari, V., Sukamto, S., & Setianingsih, E. (2020). Analisis Perilaku Hidup Bersih dan Status Kebugaran Jasmani di Era Pandemi Covid-19 Dosen PGSD. Jendela Olahraga, 5(2), 131–140. https://doi.org/10.26877/jo.v5i2.6216
Arifin, Z. (2018). Pengaruh Latihan Senam Kebugaran Jasmani (Skj) Terhadaptingkat Kebugaran Siswa Kelas V Di Min Donomulyo Kabupaten Malang. Journal AL-MUDARRIS, 1(1), 22. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v1i1.96
Bile, R. L., & Suharharjana, S. (2019). Efektivitas Penggunaan Model Latihan Kebugaran “Bbc Exercise” Untuk Pemeliharaan Kebugaran Jasmani Mahasiswa. SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation, 3(1), 30. https://doi.org/10.26858/sportive.v3i1.16857
Budiwanto, S. (2017). Metodologi Penelitian Dalam Keolahragaan. Malang: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.
Cahya Pratama, A., & Kuntjoro, B. F. T. (2018). Survei Sarana Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, Sekolah Menengah Pertama Dan Sederajat. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 6(3), 561–564. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/9/article/view/25229
Kusumo, M. P. (2020). Buku Pemantauan Aktivitas Fisik. Yogyakarta: The Journal Publishing.
Lubis, J. (2018). Pembinaan Kebugaran Jasmani Dan Recovery. Depok: PT RajaGrafindo Persada. Depok
Ma’arif, I., & Prasetiyo, R. (2021). Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3451–3456. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1418
Mashud. (2019). Analisis Masalah Guru Pjok Dalam Mewujudkan Tujuan Kebugaran Jasmani. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 17(2), 77–85. https://doi.org/10.20527/multilateral.v17i2.5704
Nur, L., Suherman, A., Subarjah, H., & Budiana, D. (2019). Motivation in Learning Physical Education for Junior High School Students in Indonesia. 11(Icsshpe 2018), 269–273. https://doi.org/10.2991/icsshpe-18.2019.77
Pane, B. S. (2015). Peranan Olahraga Dalam Meningkatkan Kesehatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 21(79), 1–4. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/4646
Rahman, Z., Kurniawan, A. W., & Heynoek, F. P. (2020). Pengembangan Pembelajaran Kebugaran Jasmani Unsur Kecepatan Berbasis Multimedia Interaktif. Sport Science and Health, 3(2), 40–53. https://doi.org/10.17977/um062v3i22021p40-53
Rivera. (2007). Practical Guide To Thesis And Dissertation Writing. Quezon: Katha Publishing.
Riyanto, P., & Mudian, D. (2019). Pengaruh Aktivitas Fisik Terhadap Peningkatan Kecerdasan Emosi Siswa. Journal Sport Area, 4(2), 339–347. https://doi.org/10.25299/sportarea.2019.vol4(2).3801
Riyati, Hambali, & Zahirman. (2016). Persepsi Mahasiswa Tentang Implementasi Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998 Tentang Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat Dimuka Umum Di Universitas Riau Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa, 9, 1–11. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/9955/9617
Rohmah, L., & Muhammad, H. N. (2021). Tingkat Kebugaran Jasmani dan Aktivitas Fisik Siswa Sekolah. Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 09(01), 511–519. https://doi.org/https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani
Santoso, S. S., & Anandaputra, H. (2017). Hubungan Intensitas Olahraga dengan Daya Konsentrasi Belajar Siswa/Siswi Kelas 10 dan 11 SMAN 5 Depok Jawa Barat. Jurnal Algoritma, 12(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/jkk.13.1.1-8
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Welis, W., & Rifki, M. S. (2013). Gizi Untuk Aktifitas Fisik dan Kebugaran. Padang: Sukabina Press.
Widiyatmoko, F., & Hadi, H. (2018). Tingkat Aktivitas Fisik Siswa Di Kota Semarang. Journal Sport Area, 3(2), 140. https://doi.org/10.25299/sportarea.2018.vol3(2).2245
Widodo, A., & Azis, M. T. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (Pjok) Terintegrasi Dengan Al-Islam Kemuhammadiyahan Bahasa Arab (Ismuba) Di Sd/Mi Muhammadiyah. Jendela Olahraga, 3(1), 48–56. https://doi.org/10.26877/jo.v3i1.2059
Zulfikar, Z., & Mukson, M. (2019). Survey Tingkat Kesegaran Jasmani Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Olympia, 1(2), 33–39. https://doi.org/10.33557/jurnalolympia.v1i2.749