Pengaruh Latihan Bola Gantung terhadap Kemampuan Service Permainan Sepak Takraw pada Atlet Sepak Takraw PPLP Riau
PDF

Keywords

Latihan bola gantung
service sepaktakraw
sepaktakraw

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bahwa atlet tersebut masi kurang, Servis sering gagal mendapatkan point, karena laju bola kurang keras terlalu mudah di terima lawan, bola sering menyangkut di net, dan saat melakukan servis kurang tepat sasaran atau bola keluar atlet PPLP Riau. Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui Pengaruh metode latihan bola gantung terhadap kemampuan service permainan sepak takraw pada atlet sepak takraw PPLP Riau. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen lapangan, rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest- posttestest only one grup design, Populasi dalam penelitian ini ada sebanyak 8 peserta PPLP Sepak Takraw Riau yang masih aktif . Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes service sepaktakraw. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji t, untuk mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah latihan yang diberikan. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis diperoleh harga thitung (6.60) > ttabel (1.895) pada taraf signifikansi α = 0,05 pada jumlah sampel berjumlah 8. Jadi dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa latihan service bola gantung berpengaruh terhadap  kemampuan service permainan sepaktakraw pada atlet sepaktakraw PPLP Riau.

https://doi.org/10.31258/jassi.3.1.254-272
PDF

References

Ajun Khamdani. 2010. Olahraga Tradisonal Indonesia. Klaten: PT. Mancanan Jaya Cemerlang.

Ali Maksum. 2012. Metodologi penelitian dalam olahraga. Unesa University Press.

Anas Sudijono.(2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Charsian Anwar, 1999. Mari Bermain Sepaktakraw. Jakarta :PB.PERSETASI

Angel Rick. 2010. Dasar –Dasar Sepak Takraw, terjemahan Widyarso Basuki. Bandung: PT. Intan Sejati.

Bompa. O. T. 1994. Theory and methodology of Training. Dibuque, IOWA:

Harsono. 1988. Coaching dan Aspek-aspek psikologis dalam Coaching. Jakarta : Depdikbud.

Iyakrus. (2012). Permainan Sepaktakraw. Palembang: Unsri Press.

Jurnal Ariyanto Adam. Pengaruh Latihan Bola Gantung Terhadap Kemampuan Melakukan Servis Permainan Sepaktakraw Pada Siswa Putra Kelas XI MAN Model Gorontalo Kota Gorontalo. Bln. Februari, Thn. 2014

Jurnal Ibrahim Wiyaka1, M Nustan Hasibuan2, Pangondian Purba3. Perbedaan pengaruh koordinasi mata-kaki dan metode pembelajaran terhadap kemampuan servis atas sepak takraw pada mahasiswa pko fik unimed. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Medan. Vol. 2, No. 3, Bln. Juni, Thn. 2018.

Jurnal Yogi Ferman Hermanto. Pengaruh latihan bola gantung terhadap kemampuan servis atas pada klub sepaktakraw yunior panggul kabupaten trenggalek tahun 2016. Bln Januari, Thn 2017.

Kendall/Hunt Publising company.

Ratinus Darwis, 1992. Olahraga Pilihan Sepaktakraw. Jakarta : Dep. P & K Direktorat Jendral Pend. Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Pendidikan.

Undang-Undang Republik Indonesia No 3 Tahun 2005 Tantang Sistem Keolahragaan Nasional.

Jurnal Richy Nuur Huda, Pengaruh latihan bola gantung bisa lepas terhadap kemampuan smash kedeng pada mahasiswa ukm sepaktakraw universitas negeri yogyakarta.

Zalfendi. 2017. Permainan sepaktakraw. Padang. Sukabina Press.

Jurnal Sardiman, Taufiq Hidayat & Soekardi. Pengaruh Latihan Plyometric dan Panjang Tungkai terhadap Peningkatan Power Lompatan dan Smash Kedeng Sepak Takraw.

Jurnal Indra Gunawan1, Adnan Fardi2. Pengaruh variasi Latihan sepak sila terhadap Ketepatan operan bola dalam Sepak Takraw Pemain Sepak Takraw Putra Smp Negeri 17 Sijunjung.