Peningkatan Keterampilan Teknik Dasar Passing Menggunakan Mtode Drill pada Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola
PDF

Keywords

Passing
Metode Drill
Sepakbola

Abstract

Dibutuhkan adanya suatu model latihan yang nantinya dapat berdampak dalam meningkatkan hasil keterampilan teknik dasar dalam bermain sepakbola. Model latihan menggunakan metode drill ini diharapkan mampu menjadi media dalam upaya untuk meningkatkan keterampilan teknik dasar para peserta, salah satunya yaitu pada teknik dasar passing permainan sepakbola. Penelitian ini bertujuan untuk mengupayakan peningkatan keterampilan passing peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMKN 4 Kabupaten Bondowoso. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Olahraga dengan 4 penerapan model tindakan. Pada pengamatan awal diperoleh dari 20 peserta, tingkat ketuntasan para peserta dalam melakukan passing hanya sebesar 40% atau dalam kategori kurang. Setelah penerapan tindakan menggunakan metode drill pada siklus 1, mengalami peningkatan frekuensi sebesar 16% sehingga menjadi 56% atau dalam kategori cukup. Selanjutnya dalam penerapan tindakan pada siklus 2 kembali mengalami peningkatan frekuensi sebesar 20% sehingga menjadi 76% atau dalam kategori baik dan telah memenuhi standart ketuntasan tindakan. Hal itu menandakan bahwa penerapan metode drill dapat digunakan sebagai upaya dalam peningkatan keterampilan teknik dasar passing pada permainan sepakbola.

https://doi.org/10.31258/jassi.3.1.273-282
PDF

References

Anam, K., Irawan, F. A., & Nurrachmad, L. (2019). Pengaruh metode latihan dan koordinasi matakaki terhadap ketepatan tendangan jarak jauh. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 8(2), 57–62. https://doi.org/10.15294/miki.v8i2.17184

Cook, M. (2013). Drills Sepakbola. PT Indeks.

Darmawan. 2012. Komunikasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja.

Fathurrozi, H., Januarto, O. B., & Wahyudi, U. (2022). Upaya Meningkatkan Kualitas Shooting Sepakbola Menggunakan Variasi Latihan Bagi Siswa Usia 8-12 Tahun di SSB Mitra Tunas Muda Tumpang Kabupaten Blitar. Sport Science and Health, 4(5), 416–423. https://doi.org/10.17977/um062v4i52022p416-423

Kusumawati, E., & Irwanto, R. A. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 49–57. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2289

Lusiana, F., Sugiarto, T., & Fitriady, G. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Teknik Dasar Passing Bawah Bolavoli Menggunakan Metode Drill Bervariasi di Club Bolavoli Putri Bahana Muda Kota Malang. Sport Science and Health, 3(11), 854–864. https://doi.org/10.17977/um062v3i112021p854-864

Mahfud, I., Yuliandra, R., & Gumantan, A. (2020). Model Latihan Dribling Sepakbola Untuk Pemula Usia Sma. Sport Science and Education Journal, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.33365/ssej.v1i2.823

Mielke, Danny. (2007). Dasar-Dasar Sepakbola. Bandung PT Pakar Raya.

Muhammad Sidik, N., Kurniawan, F., & Effendi, R. (2021). Pengaruh Latihan Sepakbola Empat Gawang Terhadap Kemampuan Passing Stopping Sepakbola Ekstrakurikuler di SMP Islam Karawang. Jurnal Literasi Olahraga, 2(1), 60–67. https://doi.org/10.35706/jlo.v2i1.4434

Nurdin, H. S. (2016). Guru Profesional Dan Penelitian Tindakan Kelas. Journal of Education Studies, 1(1), 1–12.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Romadhoni, E., Wiharna, O., & Mubarok, I. (2019). Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran gambar teknik. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 228–234.

Sani, R. A., Prayitno, W., & Hodriani. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. PT Remaja Rosdakarya.

Santoso, N. (2014). Tingkat Keterampilan Passing-Stoping Dalam Permainan Sepakbola Pada Mahasiswa Pjkr B Angkatan 2013. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Volume 10,(2), 40–48. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/5699

Sardiman, A. M. (2014). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.

Tambak, S. (2016). Metode Drill dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 13(2), 110–127. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2016.vol13(2).1517

Utomo, N. P., & Indarto, P. (2021). Analisis Keterampilan Teknik Dasar Passing dalam Sepakbola. Jurnal Porkes, 4(2), 87–94.