Survei Status Gross Motor Skill Pada Siswa Kelas Rendah Usia 7-9 Tahun SDN Se- Kecamatan Jabung Kabupaten Malang
PDF

Keywords

Ketrampilan Motorik Kasar
TGMD-2
Kelas Rendah

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara pengambilan data tentang gross motor skill peserta didik sangatlah penting melihat belum pernah ada yang melaksanakan penelitian mengenai ketrampilan motorik di sekolah-sekolah sehingga sekolah belum memiliki data yang kongkrit mengenai gross motor skil siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui status keunggulan Gross Motor Skill  kelas rendah usia 7-9 tahun. Jenis dari penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Teknik sampel yang digunakan yaitu proporsional stratified random sampling. Sampel dalam penelitian ini usia 7 sampai 9 tahun dengan jumlah sampel 217. Penelitian ini menggunakan instrumen TGMD-2. Gross Motor Skill usia 7 tahun menunjukkan persentase (35,06%) pada kategori rata-rata atau 27 peserta didik. usia 8 tahun menujukkan presentase (35,48%) pada kategori rata-rata atau 22 peserta didik. usia 9 tahun menunjukkan persentase (35,90%) pada kategori rata-rata atau 28 peserta didik. Jadi dapat disimpulkan gross motor skill  keseluruhan usia 7-9 tahun atau 77 peserta didik sehingga dapat dikatakan gross motor skill pada siswa kelas rendah SDN ter akreditasi A se- Kecamatan Jabung Kabupaten Malang berada dalam kategori rata-rata.

https://doi.org/10.31258/jassi.3.1.298-313
PDF

References

Amini, M., Sujiono, B., & Aisyah, S. (2020). Hakikat Perkembangan Motorik dan Tahap Perkembangannya. In Pustaka.Ut (hal. 1–48). Diambil dari https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/PAUD4202-M1.pdf

Anisaturrahmi. (2020). Motorik Kasar Melalui Permainan Menangkap Dan Melempar Bola Pada Anak Usia 5-6 Tahun. https://repository.ar-raniry.ac.id/, 1–79.

Astyorini, Y. D. (2014). Hubungan Status Gizi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Sekolah Dasar Kelas 1 di SDN Krembangan Utara I/56 Surabaya. Jurnal Kesehatan Olahraga, 02, 1–7.

Awalya. (2011). Perkembangan Fisik dan Psikomotorik Peserta Didik Sekolah Dasar. 43. Diambil dari https://www.academia.edu/34981562/Perkembangan_Fisik_Peserta_Didik_Sekolah_Dasar

Bahridah, P., & Neviyarni. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keterampilan Motorik Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tematik, 2(1), 13–19.

Fadhullah, R., & Wiguno, L. (2020). Pertumbuhan dan Perkembangan Motorik Kasar Pada Kelas Rendah Sekolah Dasar. Sport Science and Health, 2(8), 401–414. https://doi.org/10.17977/um062v2i82020p401-414

Faridah, E. (2016). Mengajar Pendidikan Jasmani Melalui Permainan “Ide Kreatif Mengoptimalkan Aspek Pedagosis.” Jurnal Ilmu Keolahragaan, 15(2), 38–53.

Gandotra, A., Kotyuk, E., Szekely, A., Kasos, K., Csirmaz, L., & Cserjesi, R. (2020). Research in Autism Spectrum Disorders, 78(July), 101632. https://doi.org/10.1016/j.rasd.2020.101632

Harliawan, M., & Anwar, N. I. A. (2022). Manipulative Movement Learning Survey In Physical Education Learning For Students Of SDN Unggulan Bontomani. Jurnal Ilmu Kependidikan, 330–341.

Kurniawan, R. (2018). Analisis Gerak Dasar Anak Usia 6-7 Tahun. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 311–320. https://doi.org/10.21009/jpud.122.12

Lismidiana. (2020). Peran Perkembangan Motorik Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Keolahragaan, 1–10.

Mustafa, P. S., & Sugiharto, S. (2020). Keterampilan Motorik Pada Pendidikan Jasmani Meningkatkan Pembelajaran Gerak Seumur Hidup. Sporta Saintika, 5(2), 199–218. https://doi.org/10.24036/sporta.v5i2.133

Nike, Fitriani, I., & Indra, W. (2019). Analisis Kemampuan Gerak Dasar Motorik Peserta Didik Usia 7-10 Tahun. Student Repository, 1-12

Putra, L. I. (2015). Survei Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamata Mojosari Tahun Ajaran 2014-2015. Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Surabaya, 83–88.

Saleh, M. S., & Malinta, S. S. (2020). Survei Minat Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Smpn 30 Makassar. Kinestetik, 4(1), 55–62. https://doi.org/10.33369/jk.v4i1.10347

Saputra, M. W., & Firdaus, K. (2019). Hubungan Keterampilan Gerak Dasar Lokomotor dengan Hasil Belajar Penjasorkes. Jurnal Pendidikan Olahraga, 2(8), 14–20.

Siddiq, I. A., & Wiguno, L. T. H. (2022). Survei Pertumbuhan Dan Perkembangan Motorik Kasar Pada Kelas Rendah Usia 7-9 Tahun di SD Se-Gugus 01 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Sport Science and Health, 4(5), 444–454. https://doi.org/10.17977/um062v4i52022p444-454

Sugiyono. (2018a). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta.

Sulistiawati, R. (2017). Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Gerak Lokomotor Di Taman Kanak-Kanak Widya Bhakti Tanjung Senang Bandar Lampung, UIN Raden Intan Lampung. 1–83.

Syahrial, B. (2015). Merancang Pembelajaran Gerak Dasar Anak. In Unp Press (Vol. 1).

Triyanti. (2021). Melalui Gerak Lokomotor Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Negeri Sari Mulya Jurnal Alayya : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini | 34. (1), 34–56.

Ulrich, D., & Sanford, C. (2000). Test of gross motor development: Examiner’s manual. In Research quarterly for exercise and sport (Second Edi, Vol. 71).

Yuniar, S. T., Nuryadi, N., & Hambali, B. (2023). Analisis Gerak Lokomotor Siswa Sekolah Dasar Kelas 3 Dan 4 Pada Masa Pandemi Covid-19. Riyadhoh: Jurnal Pendidikan Olahraga, 6(1).