Survei Status Gross Motor Skill pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang
PDF

Keywords

Ketrampilan Motorik Kasar
Anak SD Kelas Rendah
TGMD-2

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengetahui hasil ketrampilan motorik kasar pada siswa kelas rendah SD Negeri yang terakreditasi A se-Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang melaluai test of gross motor development-2 (TGMD-2), Karena belum adanya suatu data penelitian tetang hasil ketrampilan motorik kasar pada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini ialah menggambarkan sejauh mana tingkat ketrampilan motorik kasar yang dimiliki siswa yang berusia 7-9 tahun, dengan sampel yang digunakan siswa berusia 7 sampai 9 tahun. Jenis penelitian ini menggunakan teknik pendekatan survei dan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Dengan menggunakan tes ketrampilan motorik kasar-2 (TGMD-2), alat penelitian ini digunakan untuk mengetahui tingkat ketrampilan motorik kasar siswa sekolah dasar. Sebanyak 325 jumlah populasi siswa kelas rendah dan siswa yang terpilih brjumlah 179 sebagai sampel dengan menggunakan prosedur Proportionate Stratified Random Sampling, dan jumlah sampel penelitian dihitung dengan menggunakan rumus Slovin. Dari paparan data diatas dapat disimpulkan bahwa pengambilan data memperoleh hasil akhir yang menunjukkan bahwa ketrampilan motorik kasar pada siswa kelas rendah dengan kategori kurang dengan nilai skor 77.8715. Berdasarkan temuan penelitian ini, orang tua dan para pendidik sekolah dasar di SDN Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang lebih menitikberatkan pada strategi atau model pembelajaran yang dapat membangkitkan motivasi anak untuk meningkatkan kemampuan motorik kasarnya.

https://doi.org/10.31258/jassi.3.1.329-341
PDF

References

Amalia, I. A. (2016). Aspek Perkembangan Motorik Dan Hubungannya Dengan Aspek Fisik Dan Intelektual Anak. 1–12.

Arifiyanti, N., Fitriana, R., Kusmiyati, R., Sari, N. K., & Usriah, S. (2019). Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Al-Athfal, 2(2), 36–44.

Bahridah, P., & Neviyarni. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keterampilan Motorik Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tematik, 2(1), 13–19.

Bakhtiar, S. (2015). Merancang Pembelajaran Gerak Dasar Anak.

Bangun, S. Y. (2012). Analisis Tujuan Materi Pelajaran dan Metode Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Cerdas Sifa, 1(1), 1–10.

Fadhullah, R., & Wiguno, L. (2022). Pertumbuhan dan Perkembangan Motorik Kasar Pada Kelas Rendah Sekolah Dasar. Sport Science and Health, 2(8), 401–414. https://doi.org/10.17977/um062v2i82020p401-414

Haris, F., Taufan, J., & Nelson, S. (2021). Peran Guru Olahraga bagi Perkembangan Pendidikan Jasmani Adaptif di Sekolah Luar Biasa. Jurnal Basicedu, 5(5), 3883–3891. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1469

Hulteen, R. M., Morgan, P. J., Barnett, L. M., Stodden, D. F., & Lubans, D. R. (2018). Development of Foundational Movement Skills: A Conceptual Model for Physical Activity Across the Lifespan. Sports Medicine, 48(7), 1533–1540. https://doi.org/10.1007/s40279-018-0892-6

Istiqomah, H., & Suyadi, S. (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus Di Sd Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta). El Midad, 11(2), 155–168. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i2.1900

Khadijah, Nasution, dinul akbar, Maisarah, & Ritonga, asnil aidah. (2022). Pengaruh Permainan Terompah Terhadap Motorik. 6(5), 4026–4038. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1762

Kholmirzaevich, A. J. (2021). Innovations In Fitness Works and Physical Education. 2, 4–5.

Kustari, N. E., & Mahendra, A. M. (2020). Studi Deskriptif Mengenai Keterampilan Motorik Kasar Siswa Sekolah Dasar Se Kecamatan Cileunyi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(3), 382–391. https://doi.org/10.17509/jpp.v20i3.27089

Kurniawan, R. (2018). Analisis Gerak Dasar Anak Usia 6-7 Tahun. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 311–320. https://doi.org/10.21009/jpud.122.12

Mahmud, B. (2019). Urgensi Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini.

Muslihin, H. Y. (2020). Bagaimana Mengajarkan Gerak Lokomotor Pada Anak Usia Dini? Jurnal Paud Agapedia, 2(1), 76–88. https://doi.org/10.17509/jpa.v2i1.24390

Mutiara, F. (2017). Peranan Intelegensi Terhadap Perkembangan Keterampilan Fisik Motorik Peserta Didik Dalam Pendidikan Jasmani. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1), 58–66. https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3664

Pratiwi, F. (2016). Adaptasi Alat Ukur Test Of Gross Motor Development-2 Pada Anak Usia 4-6 Tahun Di Kota Bandung.

Ridwan, M., Lisnawati, N., & Enginelina, E. (2017). Hubungan Antara Asupan Energi Dan Aktifitas Fisik Dengan Kebugaran Jasmani. Journal of Holistic and Health Sciences, 1(1), 73–85. https://doi.org/10.51873/jhhs.v1i1.7

Siddiq, I. A., & Wiguno, L. T. H. (2022). Survei Pertumbuhan Dan Perkembangan Motorik Kasar Pada Kelas Rendah Usia 7-9 Tahun di SD Se-Gugus 01 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Sport Science and Health, 4(5), 444–454. https://doi.org/10.17977/um062v4i52022p444-454

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Ulrich, D. A. (2000). T. G. M. D.-2 (second edition). (2000). Test of Gross Motor Development. Adapted Physical Activity Quarterly, 3(2), 186–190. https://doi.org/10.1123/apaq.3.2.186