Dampak Game Online terhadap Kebugaran Jasmani Siswa Kelas V SDN 007 Melayu Tengah Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan Kab. Rokan Hilir
PDF

Keywords

Game Online
Kebugaran Jasmani

Abstract

Hasil observasi menyatakan bahwasanya siswa dengan mudah dapat mengakses game onlinemelalui gadgetnya dan lebih memilih bermain game online dari pada beraktivitas berolahraga. Tujuan riset ini agar mengetahui dampak game online terhadap kebugaran jasmani siswa. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN 007 melayu tengah dengan sampel 30 siswa pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Dalam riset ini, instrumen peneliti menggunakan kuesioner berupa blueprint untuk mengukur dampak game online terhadap siswa dan Tes Kesegaran Jasmani Siswa Nasional (TKPN) untuk mengukur tingkat kebugaran pada sampel tes terdiri dari beberapa rangkaian yaituV Sit and Reach, Squat Thrust, Sit up dan Pacer. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan korelasi produk moment yang berdasakan analisis uji kenormalan data X menghasilkan Lhitung sebesar 0,151 dan Ltabel sebesar 0,161, sedangkan data Y menghasilkan Lhitung 0,096 dan Ltabel 0,161 ini berarti Lhitung < Ltabel. Berdasarkan analisis data statistik, maka data tersebut berdistribusi normal. Berdasarkan uji persyaratan analisis diatas maka uji hipotesis pada variabel X terhadap variabel Y yaitu data 7,918 > 2,048 Rhitung > Rtabel data dengan demikian, terdapat hubungan penggunaan game online terhadap kebugaran jasmani pada siswa.

https://doi.org/10.31258/jassi.3.2.355-364
PDF

References

Aldris, M. (2023). Hubungan Antara Intensitas Bermain Game Online Mobile Legend Dengan Kecerdasan Emosi Pada Remaja Fakultas Psikologi Universitas Medan Area Oleh. Tugas Akhir.

Azka, J., & Winarno, M. E. (2020). Jurnal Master Penjas & Olahraga. Jurnal Master Penjas & Olahraga, 1(2), 8–17.

Darmawan, I. (2017). Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa Melalui Penjas. Jip, 7(2), 143–154. Http://Ejournal.Unikama.Ac.Id/Index.Php/Jrnspirasi

Gao, Z., Huang, C., Liu, T., & Xiong, W. (2012). Impact Of Interactive Dance Games On Urban Children’s Physical Activity Correlates And Behavior. Journal Of Exercise Science And Fitness, 10(2), 107–112. Https://Doi.Org/10.1016/J.Jesf.2012.10.009

Istiardi, B. Y. W. (2021). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Pada Siswa Putra Di Smp Negeri 7 Muaro Jambi. Doktoral Dissitasion Universitas Jambi.

Jafri, Yendrizal, Yuni, S. R., & Sari., Y. P. (2018). Bermain Game Online Dengan Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. Tugas Akhir, 1, 1–6.

Kurniawati, I., & Purnomo, H. (2020). Pengaruh Kebiasaan Bermain Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sd. Jurnal Pgsd Stkip Pgri Banjarmasin, 2(1), 320–334. Https://Doi.Org/10.33654/Pgsd

Miasari, R. S., Indar, C., Pratiwi, P., Purwoto, P., Salsabila, U. H., Amalia, U., & Romli, S. (2022). Teknologi Pendidikan Sebagai Jembatan Reformasi Pembelajaran Di Indonesia Lebih Maju. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 2(1), 53. Https://Doi.Org/10.31602/Jmpd.V2i1.6390

Mustika Sari, I., & Dwi Prajayanti, E. (2017). Peningkatan Pengetahuan Siswa Smp Tentang Dampak Negatif Game Online Bagi Kesehatan. Gemassika : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 31. Https://Doi.Org/10.30787/Gemassika.V1i1.216

Muthi’ah, U. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas Atas Di Sd Islam Margolembo Kabupaten Luwu Timur. Frontiers In Neuroscience, 14(1), 1–13.

Ngongo, V. L., Hidayat, T., & Wijayanto. (2019). Pendidikan Di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pasca Sarjana Universitas Pgri Palembang, 2, 628–638. Https://Jurnal.Univpgri-Palembang.Ac.Id/Index.Php/Prosidingpps/Article/View/3093

Novrialdy, E. (2019). Kecanduan Game Online Pada Remaja: Dampak Dan Pencegahannya. Buletin Psikologi, 27(2), 148. Https://Doi.Org/10.22146/Buletinpsikologi.47402

Pane, B., Najoan, X., & Paturusi, S. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Ragam Budaya Indonesia. Jurnal Teknik Informatika, 12(1), 1–9. Https://Ejournal.Unsrat.Ac.Id/V3/Index.Php/Informatika/Article/View/17793/17317

Prasetyo, A., Rondli, W. S., & Ermawati, D. (2023). Dampak Permainan Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(1), 333–340. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V9i1.4733

Pratiwi, E. W. P., Soesilo, T. D., & Program, S. I. (2020). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di Smk Terpadu Al Mustaqim Timpik Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang. Jurnal Of Education, Psychology And Counsling, 2.

Ridwan, M. (2020). Small Sided Games Meningkatkan Kebugaran Jasmani Dan Keterampilan Bermain Sepakbola. Journal Of Sport Education (Jope), 3(1), 35. Https://Doi.Org/10.31258/Jope.3.1.35-42

Romadan, R., & Santoso, J. A. (2023). Hubungan Status Gizi Dengan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sd Muhammadiyah 5 Samarinda Kalimantan Timur The Relationship Between Nutritional Status And Physical Fitness Level Of Students Of Disusun Dan Diajukan Untuk Melengkapi Tugas Dan Syarat Guna Menc. Jurnal Pendidikan Modern.

Sazali, R., Ahmad Suhaimi, S. S., Nazuri, N. S., Ahmad, M. F., & Lee, J.-Y. (2021). Deliberation Of Gaming Addiction To Physical Activity And Health: A Case Study In South Korea. International Journal Of Academic Research In Business And Social Sciences, 11(10). Https://Doi.Org/10.6007/Ijarbss/V11-I10/11104

Sugiyono. (2016). Metode Penlitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (S. Y. Suryandari (Ed.)). Alfabeta.

Supriadi. (2021). Penggunaan Kekerasan Komunikasi Verbal Dalam Permainan Mobile Legend Dan Interaksi Sosial Pada Kelompok Bermain Mobile Legend Disusun Oleh : Supriadi Program Studi Imu Komunikasi Universitas Sahid Jakarta. Tugas Akhir. Http://Repository.Usahid.Ac.Id/986/1/Pen. Genap 2021 Kekerasan Kom. Verbal Pd Perma. Mobile Legend.Pdf

Syahran, R. (2015). Ketergantungan Online Game Dan Penanganannya. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 1(1), 84. Https://Doi.Org/10.26858/Jpkk.V1i1.1537