Abstract
Proses penilaian diri adalah sebuah proses yang mengharuskan siswa untuk memiliki keterlibatan secara aktif didalamnya dengan memiliki sebuah inisiatif dalam sebuah proses pada pembelajaran untuk dapat mengetahui kebutuhan dalam kebutuhan belajarnya. Pengembangan kepribadian siswa dapat mengambil manfaat dari penggunaan penilaian diri dan teman sebaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa baik penerapan teknik lay-up bola basket menggunakan penilaian diri dan penilaian sejawat. Bentuk penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dan kualitatif untuk evaluasi. Menggunakan pendekatan penilaian CIPP (Product Process Input Context). Kuesioner digunakan dalam metode pengumpulan data penelitian ini untuk mendapatkan informasi dari para peserta. Analisis data kuantitatif menggunakan analisis deskriptif, sedangkan analisis data kualitatif menggunakan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa instrument penilaian diri dan sejawat telah terbukti dan dapat diamati secara langsung sehingga sangat sangat tepat dan layak untuk dapat digunakan dalam membantu guru pada saat memberikan penilaian yang valid. Adapaun pada hasil dari produk instrumental tersebut memiliki korelasi yang positif antara penilaian guru dengan penilaian diri dan sejawat sehingga sangat baik untuk dapat dipergunakan di sekolah.
References
Achmad, G. H., Ratnasari, D., Amin, A., Yuliani, E., & Liandara, N. (2022). Penilaian Autentik pada Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5685–5699. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3280
Antoro, S. (2021). EVALUASI PENGELOLAAN E-LEARNING DENGAN MODEL CIPP DI SMA NEGERI 5 BENGKULU SELATAN. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 15(1), 59–70. https://doi.org/10.33369/mapen.v15i1.12867
Anugraheni, I. (2017). Penggunaan Penilaian Teman Sejawat (Pee Assesment) Untuk Mengukur Hasil Belajar Psikomotorik Pada Perkuliahan. Prosiding Seminar Nasional 15 Maret 2017.
Arief, M. G., Kurniawan, A. W., & Kurniawan, R. (2021). Pengembangan Pembelajaran Kebugaran Jasmani Unsur Kelincahan Berbasis Multimedia Interaktif. Sport Science and Health, 3(2), 40–53. https://doi.org/10.17977/um062v3i22021p40-53
Arifin, R., Kusumah, I. H., & Mubarak, I. (2018). Hasil Penilaian Diri Dan Penilaian Teman Sebaya Dibandingkan Dengan Assesment Dosen Untuk Hasil Produk Mata Kuliah Body Otomatif. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(1), 78. https://doi.org/10.17509/jmee.v5i1.12623
Christiani, Y. (2018). PENERAPAN MODEL CIPP DALAM EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013. 6(1).
Ekayana, A. A. G., & Ratnaya, I. G. (2022). Evaluasi Kurikulum Program Sarjana Sistem Komputer Menggunakan Model CIPP Stufflebeam. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 366–376. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.49622
Fitriady, G. (2022). Alternative Assessment for Movement Skills in Physical Education: The Effectiveness of Online Self and Peer Assessment. © The Author(s) 2022 Y. N. Hanief et al. (Eds.): ICSSH 2022, 54, Pp. 393–398, 2022. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-072-5_40
Hajiriah, T. L. (2022). VALIDASI PERANGKAT SELF ASSESSMENT DAN PEER REVIEW DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT). 2(1), Hal. 43-57.
Hansen, S. (2020). Investigasi Teknik Wawancara dalam Penelitian Kualitatif Manajemen Konstruksi. Jurnal Teknik Sipil, 27(3), 283. https://doi.org/10.5614/jts.2020.27.3.10
Heynoek, F. P., Warda, H. H., & Kurniawan, R. (2022). The Importance Having Fundamental Basketball Techniques Mobile Learning-Based Media. In Y. N. Hanief, R. Kurniawan, T. D. Tama, D. Mawarni, A. Hapsari, N. Nandini, E. Astutik, & M. V. Humairo (Eds.), Proceedings of the International Conference on Sports Science and Health (ICSSH 2022) (pp. 292–297). Atlantis Press International BV. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-072-5_30
Hidayat, A. (2018). Meta Analisi: Pentingnya Self dan Peer Assesment Dalam Pembelajaran. Jurnal Basicedu Volume 2 Nomor 1 Tahun 2018 Halaman 95-101, 2(1).
Ismunarti, D. H., Zainuri, M., Sugianto, D. N., & Saputra, S. W. (2020). Pengujian Reliabilitas Instrumen Terhadap Variabel Kontinu Untuk Pengukuran Konsentrasi Klorofil- A Perairan. Buletin Oseanografi Marina, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.14710/buloma.v9i1.23924
Kurniawan, R., Kurniawan, A. W., & Wijaya, D. (2021). Students’ interest in physical education learning: Analysis of internal and external factors. Journal Sport Area, 6(3), 385–393. https://doi.org/10.25299/sportarea.2021.vol6(3).7402
Phafiandita, A. N., Permadani, A., Pradani, A. S., & Wahyudi, M. I. (2022). Urgensi Evaluasi Pembelajaran di Kelas. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 3(2), 111–121. https://doi.org/10.47387/jira.v3i2.262
Pramono, R., Sarliyani, S., & Purwanto, A. (2020). The Evaluation of Narada Cup School Sport Program Using CIPP Evaluation Model. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 5(1). https://doi.org/10.17509/jpjo.v5i1.23516
Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context, Input, Process & Product (CIPP). https://doi.org/10.5281/ZENODO.3881891
Setyono, R. (2020). Implementasi Teori Ron Weber Mengenai User Interface dan Input Website Penerimaan Mahasiswa Baru (Studi Kasus Universitas X). 2.
Shofiyah, H. (2013). Penerapan Self Asessment (penilaian Diri) Pada Kegiatan Praktikum Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Sman 1 Sidayu. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Vol. 02 No. 03 Tahun 2013, 139 – 142, 02(03).
Sihombing, P. R., Suryadiningrat, S., Sunarjo, D. A., & Yuda, Y. P. A. C. (2023). Identifikasi Data Outlier (Pencilan) dan Kenormalan Data Pada Data Univariat serta Alternatif Penyelesaiannya. Jurnal Ekonomi Dan Statistik Indonesia, 2(3), 307–316. https://doi.org/10.11594/jesi.02.03.07
Suriadi, S., & Dewi, R. (2020). PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES PASSING BOLAVOLI BERBASIS DIGITAL. JURNAL PRESTASI, 4(1), 9. https://doi.org/10.24114/jp.v4i1.16821
Umam, K. A., & Saripah, I. (2018). Using the Context, Input, Process and Product (CIPP) Model in the Evaluation of Training Programs. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 2, 19. https://doi.org/10.20961/ijpte.v2i0.26086
Willey, K., & Gardner, A. (2008). The effectiveness of using self and peer assessment in short courses: Does it improve learning? Proceedings of the 2008 AaeE Conference, Yeppoon, Copyright © Willey & Gardner, 2008.