Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran gerak dasar passing bawah bola voli melalui pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) pada siswa kelas IX 7 di SMP Negeri 6 Pekanbaru. Pendekatan TaRL diterapkan dengan cara mengelompokkan peserta didik berdasarkan tingkat kemampuan untuk memberikan pembelajaran yang sesuai dan lebih terarah. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar dari 54% pada pra-siklus menjadi 71% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 85% pada siklus II. Peningkatan ini mencerminkan efektivitas pendekatan TaRL dalam menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan peserta didik serta meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri mereka dalam melakukan gerak dasar passing bawah bola voli. Dengan demikian, pendekatan TaRL terbukti mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan dalam pembelajaran PJOK.
References
Ahyar, Nurhidayah, & Saputra, A (2022). Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.
Apriyana, N. (2023, November Jumat). Tantangan Pembelajaran Teaching at The Right Level. Retrieved Juni Selasa, 2023, from Kompasiana https://www.kompasiana.com/niken9 5719/643966b8a7e0fa7adc6e6282/ta ntanganpembelajaran-teaching-at- the-right- level?page=2&page_images=1. Praktik” (Jakarta : Rineka Cipta, 2006).
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Banerjee, A., Banerji, R., Duflo, E., Glennerster, R., & Khemani, S. (2016). Mainstreaming an Effective Intervention: Evidence from Randomized Evaluations of “Teaching at the Right Level” in India. NBER Working Paper No. 22746.
Bonnie, “Robison, Bolavoli; Bimbingan Petunjuk dan Teknik Bermain, Disadur dari VolleyBall. Semarang: Dahara Prize, 1989,
Bahrul Hayat, Prinsip-Prinsip Dan Strategi Penilaian Di Kelas, (Jakarta: Puspendikbalitbangnas, Depdiknas, 2006).
Badan Standar Nasional Pendidikan, Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)2006.
Cahyono, S. D. (2022). Melalui Model Teaching at Right Level (TaRL) Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan KD.3.2/4.2 Topik PerencanaanUsaha Pengolahan Makanan Pengawet dari Bahan Pangan Nabati. Jurnal Pendidikan Tambusai, 12407- Dahlan, A. (2023, November Sabtu). Teaching at the Right Level - Pendekatan Pembelajaran TaRL. Retrieved Juni Selasamy, 2023, from matamu.net: https://pendidikan.matamu.net/teaching- at-the-right-level-pendekatan- pembelajaran-tar
Dahlan, A. (2023). Teaching at the Right Level – Pendekatan Pembelajaran TaRL. Retrieved Mei 8, 2025, from https://pendidikan.matamu.net/
Depdikbud. (1993). Petunjuk Teknik Permainan Bola Voli. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Hayat, B. (2006). Prinsip-Prinsip dan Strategi Penilaian di Kelas. Jakarta: Puspendikbalitbangnas, Depdiknas.
Supangat. (2021). Pembelajaran Berdasarkan Level Kemampuan dalam Model TaRL. Surabaya: Graha Ilmu.