Survei Sarana dan Prasarana Olahraga di SMP Negeri Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu
PDF

Keywords

Sarana Prasarana
Olahraga

Abstract

Sarana dan prasarana olahraga memiliki peran krusial dalam menunjang efektivitas pembelajaran PJOK di sekolah. Sarana olahraga seperti bola, raket, net, matras, dan alat-alat lainnya yang digunakan dalam pembelajaran praktik olahraga. Sementara itu, prasarana olahraga meliputi lapangan, ruang olahraga, dan fasilitas pendukung lainnya. Namun pada kenyataan yang ada sebagian sarana memiliki keterbatasan dalam jumlah dan kualitas alat olahraga yang tersedia di SMP Negeri Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mensurvei sarana dan prasarana olahraga di SMP Negeri Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan instrument yang digunakan adalah angket dengan skala likert serta wawancara guru/kepala sekolah SMP Negeri Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu. Populasi pada penelitian ini berjumlah 423 orang. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling, dalam penelitian ini akan diambil pada siswa kelas 8 di SMP Negeri bangun Purba yaitu sebanyak 125 Orang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa kondisi sarana dan prasarana olahraga di SMP Negeri 1, 2, dan 3 Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu tergolong dalam kategori "Baik". Hal ini dibuktikan melalui skor rata-rata hasil angket yang mencapai 72,09%, berada dalam rentang kategori 61-80%

https://doi.org/10.31258/jassi.4.3.1-14
PDF

References

Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta. Rineka Cipta.

Ahsani, E. L. ., Emy, M., Laila, S. ., Chusnul, I., & Vina, A. (2021). Pengaruh Sarana Prasarana Dalam Menunjang Prestasi Belajar Siswa Sd Di Sekolah Indonesia Den Haag. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 8(1), 52–63.

Ananda, R., Banurea, O. K., & Syarbaini Saleh. (2020). Manajamen Sarana Dan Prasarana Pendidikan. CV. Widya Puspita, Medan. https://books.google.co.id/books.

Arifin, Z. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir. Program, Dosen Pendidikan, Studi Majalengka, Universitas, 42–49.

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik.

Armbruster, E. W., & Witherington, D. C. (2016). Adult Attachment And Parental Bonding: Correlations Between Perceived Relationship Qualities And Self-Reported Anxiety. The Professional Counselor, 6(1), 33–49. Https://Doi.Org/10.15241/Ewa.6.1.33.

Bahar Salam, G. (2021). Implementasi Aplikasi Raport Digital.

Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Pada Lembaga Pendidikandi Indonesia. Publikasi Pendidikan, 6(3). Https://Doi.Org/10.26858/Publikan.V6i3.2270.

Barnawi, Arifin M. (2014). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah.

Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Budiwanto, S. (2018). Metodologi Latihan Olahraga. Fakultas Ilmu Keloahragaanhragaan Universitas Negeri Malang, Olahraga, 177.

Fitriady, G., Sugiyanto, & Sugiarto, T. (2020). Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(2), 82–90.

Hajaroh, S., & Adawiyah, R. (2018). Kesulitan Guru Dalam Mengimplementasikan Penilaian Autentik. Elmidad:Jurnal PGMI, 10(No. 2), 131–152.

Herawati, N. I. (2016). Pendidikan Inklusif. Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 5(1), 1–12. Http://Joi.Jlc.Jst.Go.Jp/ JST.Journalarchive /Materia1994/ 44.24?From=Crossref%250.

Herman, H., & Riady, A. (2018). Survey Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Di Smp/Mts Swasta Kabupaten Pangkep. SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation, 1(2), 27-35.

Hernawati. (2019). Survei Sarana Dan Prasarana Olahraga Terhadap Hasil Belajar Penjas Smp Negeri 1 Pujananting Kab. Barru. Diploma Thesis. Http://Eprints.Unm.Ac.Id/13692/.

Hipjillah, A. (2015). Konsumsi Dan Prestasi Akademik. Jurnal Ilmiah, 8,8.

Khikmah, A., & Winarno, M. E. (2019). Survei Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Di Madrasah Tsanawiyah (Mts) Se-Kecamatan Klojen Kota Malang Pada Semester Ganjil Tahun 2017. Indonesia Journal of Sports and Physical Education, 1(1), 12-19.

Komalasari, M. D. (2018). Pendampingan Gerakan Literasi Sekolah Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar.

Mardius, A. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Pada Masa Pandemi. 4(2), 39–46.

Metriana, M. (2014). Studi Komparatif Pengaruh Motivasi, Perilaku Belajar, Self Efficacy Dan Status Kerja Terhadap Prestasi Akademik Antara Mahasiswa Bekerja Dan Mahasiswa Tidak Bekerja (Studi Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro). Skripsi.

Miski, R. (2015). Pengaruh Sarana Dan Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa. Tadbir Muwahhid, 4(2), 69–73.

Nasution, S. (2017). Variabel Penelitian. Raudhah, 05(02), 1–9. Http://Jurnaltarbiyah.Uinsu.Ac.Id/Index.Php/Raudhah/Article/View/182.

Nugroho, S. (2020). Industri Olahraga. UNY Press. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Riapeaaaqbaj.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. Https://Doi.Org/10.17509/Jpm.V1i1.3264.

Oemar Hamalik. (2019). Menentukan Fondasi (Dasar-Dasar Yang Diperlukan Untuk Mengembangkan Kurikulum). 52–75.

Pane, B. S. (2015). Peranan Olahraga Dalam Meningkatkan Kesehatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 21(79), 1–4.

Papathanasiou, I. V, Kleisiaris, C. F., Fradelos, E. C., & Kakou, K. (2014). Critical Thinking : The Development Of An Essential Skill For Nursing Students. 22(4), 283–286. Https://Doi.Org/10.5455/Aim.2014.22.283-286.

Purwanto, A. (2020). Studi Eksplorasi Dampak WFH Terhadap Kinerja Guru. Journal Of Education, Psychology And Counseling, 2(1), 92–100.

Qomarrullah, R., & Lestari Wulandari S. Muhammad Sawir. (2022). Desain Pembangunan Olahraga Nasional (Perspektif Sosial-Budaya, Politik, Kebijakan Dan Hukum). Deepublish. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Id=Zetxeaaaqbaj.

Rahman, A. (2019). Evaluasi kualitas sarana dan prasarana olahraga dalam mendukung kurikulum pendidikan jasmani. Jurnal Pendidikan Olahraga, 7(2), 112-125

Ratnasari, E. D., Sugiarto, T., & Fitriady, G. (2020). Survei Sarana dan Prasarana Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Tingkat SMP. Sport Science and Health, 2(11), 534-542.

Rinaldi, I. R. (2021). Penjas Terhadap Hasil Belajar Psikomotor Siswa Kelas 1a Di Sdit Dipublikasikan Oleh : UPT Publikasi Dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin UPT Publikasi Dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimanta. 81–87.

Rusman, R. (2014). Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think-Pairs Share (TPS). Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 3(1), 67–79. Https://Doi.Org/10.21070/Pedagogia.V3i1.58

Sadirman. (2001). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Grafindo Persada.

Saleh, M. S., & Ramdhani, S. (2020). Survei Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Dan Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Kelas VIII SMP PGRI Barembeng Kabupaten Gowa. Journal Coaching Education Sports, 1(1), 49–62. Https://Doi.Org/10.31599/Jces.V1i1.86.

Sampurno, H. W., Lestari, A. T., & Widyawan, D. (2021). Gerak Anak Yang Dirancang Secara Universal Di Sdn 01 Pengadilan. Jurnal Pendidikan Olahraga Vol, 10(2), 162–175. Https://Doi.Org/10.31571/Jpo.V10i2.3021.

Samsu Hilal, J. (2022). Self Efficacy, Adversity Quotient, Dan Kreativitas Terhadap Hasil Belajar. 02(02), 58–62.

Siregar, B. (2020). Analisis ketersediaan dan kelayakan sarana olahraga di sekolah menengah pertama. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 8(1), 45-58

Sudibyo, N. A., & Nugroho, R. A. (2020). Survei Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Sekolah Menengah Pertama Di Kabupaten Pringsewu Tahun 2019. Journal Of Physical Education, 1(1), 18-24.

Sudijono, A. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Sukadiyanto. (2017). “The Dribble Is The Motor Skill That Has Been Most Related To The Art, Beauty And, As Mentioned Above, Creativity And Improvisation” . 12–66.

Suryabrata. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Setiawan, N. A., Hasanuddin, H., & Kamaruddin, I. (2020). Survei Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Pada SMP Negeri 7 Makassar (Thesis, Universitas Negeri Makassar).

Soapatty, L. (2014). Pengaruh Sistem Sekolah Sehari Penuh (Full Day School) Terhadap Prestasi Akademik Siswa Smp Jati Agung Sidoarjo. E-Journal UNESA, 2(2), 719–733. Http://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jurnal-Pendidikan-Kewarganegaraa/Article/View/7860.

Syah, M. (2001). Psikologi Pendidikan Dengan Guru. Remaja Rosdakarya.

Widiastuti. (2019). Overcoming Facilities Limitations Affecting Physical Education Learning Activities. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 15(1), 140-155.

Winarno, M. E. (2018). Membentuk Karakter Melalui Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. 05, 10–20.

Wisman, Y. (2021). Sarana dan Prasarana dalam Pelaksanaan Pembelajaran Penjaskes di SMA Se-Kecamatan Pematang Karau Kabupaten Barito Timur. Jurnal Keolahragaan JUARA, 1(1), 12-16. https://doi.org/10.37304/juara.v1i1.3135.

Yazıcı, Ö. F. (2021). A Study On Vitality And Happiness Levels Of Sports High School Students. Journal Of Educational Issues ISSN 2377-2263 2021, Vol. 7, No. 3, Special Issue, 7(3), 214–229. Https://Doi.Org/10.5296/Jei.V7i3.19274.

Yusuf, R. (2021). Hubungan ketersediaan prasarana olahraga dengan minat siswa dalam berolahraga. Jurnal Pendidikan Jasmani, 9(3), 150-165

Zulrafli. (2021). Kontribusi Tingkat Kesegaran Jasmani Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Penjas (Studi Korelasi Pada Mahasiswa Penjas Angkatan. 73–83.