Penerapan Strategi Pembelajaran Diferensiasi Proses Pada Siswa Kelas X SMA Cendana Pekanbaru
PDF

Keywords

Pembelajaran Berdiferensiasi
PTK
Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan jasmani melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SMA Cendana Pekanbaru. Subjek penelitian terdiri dari 28 siswa kelas XI IPA tahun ajaran 2024/2025. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Diferensiasi diterapkan pada aspek konten, proses, produk, dan lingkungan belajar berdasarkan hasil asesmen diagnostik. Instrumen pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, serta analisis hasil asesmen sebelum dan sesudah tindakan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata siswa dari 72,3 menjadi 83,4 serta peningkatan keterlibatan dan motivasi belajar. Strategi ini juga mendorong pengembangan keterampilan abad ke-21 seperti kolaborasi, kemandirian, dan berpikir kritis. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi secara reflektif terbukti menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, adaptif, dan bermakna secara personal maupun sosial.

https://doi.org/10.31258/jassi.4.2.79-87
PDF

References

Ardyansah, R. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Pembelajaran Inklusif. Jurnal Pendidikan Adaptif, 5(1), 45–53. https://doi.org/10.1234/jpa.v5i1.1203

Ayuningtyas, D. N., Nurhayati, S., & Pramesti, R. (2023). Literature Review: Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 7(2), 87–94. https://doi.org/10.3333/jppg.v7i2.2334

Halifah, F., & Suasti, G. A. (2023). Meningkatkan Keterlibatan Siswa Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Inovasi Pendidikan, 4(1), 101–109. https://doi.org/10.5678/jip.v4i1.456

Marlina, R. (2020). Differentiated Instruction: Strategi Efektif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 25(3), 321–328. https://doi.org/10.23887/jpk.v25i3.2847

Masitoh, S., & Cahyani, L. (2020). Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara dalam Konteks Pembelajaran Modern. Jurnal Filsafat Pendidikan, 2(2), 112–120. https://doi.org/10.23887/jfp.v2i2.1723

Mubarok, H. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Upaya Penguatan Kompetensi Abad 21. Jurnal Pendidikan Modern, 6(1), 78–85. https://doi.org/10.4321/jpm.v6i1.789

Navri, M., & Zulirfan, Z. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 9(2), 56–65. https://doi.org/10.2991/jep.v9i2.1132

Setyo Adji Wahyudi, S., Rahayu, N. L., & Putri, D. M. (2023). Peran Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi di Era Digital. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 40–50. https://doi.org/10.29123/jtp.v8i1.3547

Sutrisno, H., Kurniawati, I., & Wicaksono, A. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 11(1), 12–20. https://doi.org/10.26877/jpp.v11i1.1025

Tomlinson, C. A. (2011). How to Differentiate Instruction in Mixed-Ability Classrooms (2nd ed.). ASCD.

Tomlinson, C. A., Brighton, C., Hertberg, H. L., Callahan, C. M., Moon, T. R., Brimijoin, K., … & Reynolds, T. (2005). Differentiating instruction in response to student readiness, interest, and learning profile in academically diverse classrooms: A review of literature. Journal for the Education of the Gifted, 27(2–3), 119–145. https://doi.org/10.1177/016235320502700203