Survei Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) pada Siswa Putra Kelas VII di SMP Negeri 1 Sindue Tobata
PDF

Keywords

Survei
Tingkat Kesegaran Jasmani
TKJI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat kesegaran jasmani Indonesia di SMP Negeri 1 Sindue Tobata, sampel penelitian ini di ambil dari populasi menggunakan purposive sampling yakni kriteria yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa putra kelas VII yang berumur 13-15 tahun di SMP Negeri 1 Sindue Tobata yang berjumlah 27 orang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 0 siswa atau 0% dalam kategori baik sekali, 0 siswa atau 0% dalam kategori baik, 18 siswa atau 66,67% siswa dalam kategori sedang, 9 siswa atau 33,33% siswa dalam kategori kurang dan 0 siswa atau 0% siswa dalam kategori kurang sekali. Maka dapat disimpulkan secara keseluruhan bahwa siswa putra kelas VII SMP Negeri 1 Sindue Tobata masuk pada kategori sedang.

https://doi.org/10.31258/jassi.4.2.88-96
PDF

References

Aldiansyah, R. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Siswa Kelas VII Smp Negeri 51 Palembang.

Halaman Olahraga Nusantar (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 3 (1), 73-81.

Azizil Fikri. (2018). Studi Tentang Kesegaran jasmani Mahasiswa Penjaskes STKIP-PGRI Lubuklinggau. Jurnal Gelanggang Olahraga vol.1 no.2.

Dahrial, D. (2021). TINGKAT KEBUGARAN JASMANI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN & REKREASI TAHUN AJARAN 2021/2022 DI MASA NEW NOMAL Covid 19. JOI (Jurnal Olahraga Indragiri): Olahraga, Pendidikan, Kesehatan, Rekreasi, 5(1), 324- 333.

Darmawan, Ibnu (2017). Upaya Meningatakan Kebugaran Jasmani Indonesia Melalui Penjas. JIP, Vol.7, No. 2. Hal:143-154.

Edi Setiawan, Budiarto, Asep Ramdan Afriyuandi. (2020). Korelasi Antara Physical Activity dan Physical Fitness Pada Atlet Bolabasket Level Pemula. Jurnal Pendidikan Olahraga Vol.9,No.2. hal 192-201

Fikri, A. (2018). Studi Tenang Tingkat Kesegaran Jasmani Mahasiswa Penjaskes STKIP PGRI Lubuklinggau. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 1(2),74-83.

Gilar M. 2017. Tingkat Kesegaran Siswa SD di Kabupaten Demak. Journal of Physycal Education, Sport, Healt and Recreations, 6 (1), 38-44 Elementary School. 2 (2). 92-98.

Hasanuddin, Muhammad Imran, and Muhammad Irfan Hasanuddin. "Tingkat Kesegaran Jasmani pada Siswa SMP." JURNAL PENJAKORA 11.1 (2024)

Idris Moh Latar dan Josiana J.T. Tomasoa. (2020). Pengaruh Tingkat Kebuagaran Jasmani Terhadap Hasil Belajar Bolabasket Mahasiswa Program Studi PenjasKersek Angkatan 2018. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Vol.6,

Ischaq M., Sri, E.H., Agus A., Nadzirah N., 2019. Profil Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Kelas IV dan V Sekolah Dasar Indonesia Kota Kinabalu Tahun Ajaran 2018/2019. Journal of Teaching Physical Education in Elementary School. 2 (2). 92-98.

Kemendikbud. (2010). Pusat pengembangan kualitas jasmani.

Lailatur Rohmah, Heryanto Nur Muhammad. (2021). Tingkat Kebugaran Jasmani dan Aktivitas Fisik Siswa Sekolah. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Surabaya.

Maksum,A. (2012). Metode Penelitian Dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

Murtono Tri DKK. (2022). Analisis tingkat Kesegaran Jasmani Indonesia di SMA Negeri 1 Bolano Lambunu.

Muh. Setio Iswadi. (2019). Survei Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa SMANKO Sulawesi Selatan. Skripsi. IK-UNM.

Nurhadi, J. Z. L., & Fatahillah. (2020). Pengaruh pandemi covid-19 terhadap tingkat aktivitas fisik pada masyarakat komplek pratama, Kelurahan Medan Tembung. Jurnal Health Sains, 1(5), 294–299.

Rahman Zainal, Kurniawan Wibowo Ari, H. P. F. (2020). Pengembangan pembelajaran kebugaran jasmani unsur kecepatan berbasis multimedia interaktif. Jurnal Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang, 2(1), 78–92. http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/index.

Roji. (2004). Pendidikan Jasmani untuk SMP Kelas VIII. Jakarta Erlangga.

Suryoadji, A. K., & Nugraha, A. D. (2021). Aktivitas fisik pada anak dan remaja selama covid-19: A Systematic Riview. Jurnal Mahasiswa, 13(1), 1–6.

Sugiono.(2017). Metode Penelitian Pendekatan kuantitatif ,kualitatif dan r&d. AlfaBeta.

Sujarweni,V.Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Pustaka Baru Press, yogyakarta.

Suharjana. 2008. Pengenalan Bangun Ruang dan Sifat-sifatnya di SD. Yogyakarta:Depdiknas

Widiastuti, (2015). Tes dan Pengukuran Olahraga. Rajagafindo persada.

Wantona Deri, Ifwandi, A. N. (2016). Evaluasi tingkat kebugaran jasmani petani Kopi di kecamatan bandar kabupaten Bener Meriah tahun 2015.Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan, Dan Rekreasi, 2(4), 314–322.

Zulfikar, Mukson, (2019). Survei Tingkat Kesegaran Jasmani Pada Siswa Sekolah Dasar. Universitas Muhadi Setiabudi, Indonesia