Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya penguatan karakter Profil Pelajar Pancasila melalui pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di SMP Negeri 19. Profil Pelajar Pancasila merupakan landasan dalam pembentukan generasi bangsa yang beriman, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Pembelajaran PJOK, yang berfokus pada aktivitas fisik dan nilai-nilai sportivitas, diyakini memiliki potensi besar dalam menanamkan karakter-karakter tersebut secara kontekstual dan aplikatif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru PJOK dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif, penanaman nilai-nilai sportivitas, kerja sama dalam permainan tim, serta refleksi nilai-nilai Pancasila dalam setiap kegiatan PJOK dapat memperkuat karakter peserta didik sesuai dengan dimensi Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran PJOK berperan penting sebagai sarana efektif dalam mendukung terbentuknya karakter pelajar yang selaras dengan nilai-nilai Pancasila di lingkungan sekolah.
References
Agustini, I. P., Tomi, A., & Sudjana, I. N. (2016). Peningkatan Keterampilan Gerak Dasar Lokomotor Menggunakan Metode Bermain dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Siswa Kelas III C SDN Krian 3 Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Jasmani, 26(2), 229–237
Arikunto, & Suharsimi. (2018). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik.
Bandi, A. M. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan JAsmani Indonesia, 8(April), 2
Darma Sitepu, I. (2017). Pembentukan Karakter Melalui Partisipasi Dalam Olahraga. Jurnal Pedagogik Olahraga, 03(02), 99–112.
Darma Sitepu, I. (2017). Pembentukan Karakter Melalui Partisipasi Dalam Olahraga. Jurnal Pedagogik Olahraga, 03(02), 99–112.
Dhedhy, Y. (2016). Pembentukan Karakter Anak Dengan Jiwa Sportif Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jurnal Sportif, 2(1), 101–112
Dhedhy, Y. (2016). Pembentukan Karakter Anak Dengan Jiwa Sportif Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jurnal Sportif, 2(1), 101–112.
Josep Doty (2006: 1) People participate in sports for a variety of reasons health and fitness, stress management, socialization, relaxation, and others. One of the “other” reasons is character development.
Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142
Ninik Hidayati, Hakim, N., & Hikmah, W. (2022). Peningkatan Kemampuan Bersosialisasi Siswa Kelas V Melalui Metode Sosiodrama Pada Mata Pelajaran Tematik Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 3 Di Mi Kelopo Telu Desa Kapu Kecamatan Merakurak Tahun Pelajaran 2020/2021. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 3(2), 12–22. https://doi.org/10.51675/jp.v3i2.158
Pambudi, M. I., Winarno, M., & Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan di MA Swasta Kabupaten Lumajang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(1), 110–116. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Pradana, A. A. (2021). Strategi Pembentukan Karakter Siswa Pada Jenjang Pendidikan Dasar Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 3(1), 78–93. https://doi.org/10.51675/jp.v3i1.128
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, 6.
Sulha, & Gani, M. (2017). Peran Guru dalam Mengembangkan Karakter Disiplin pada Siswa Kelas XI dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(3), 73.
Utama, A. M. B., Pohon, D., Draf, C., Cahaya, P., Pohon, D., & Draf, C. (n.d.). Teori Bermain.
