Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital berbasis case method pada mata kuliah Bermain untuk Anak Usia Dini serta menguji aspek validitas, reliabilitas, dan kepraktisannya dalam mendukung proses pembelajaran mahasiswa. Penggunaan metode Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall yang dimodifikasi menjadi pendekatan utama dalam tahapan pengembangan produk. Tahapan tersebut mencakup studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba terbatas, revisi, hingga uji coba pemakaian. Hasil validasi oleh ahli menunjukkan bahwa bahan ajar memiliki tingkat validitas yang tinggi dengan nilai Aiken's V sebesar 0,78, yang dikategorikan valid. Selain itu, uji reliabilitas menghasilkan nilai Intraclass Correlation Coefficient (ICC) sebesar 0,630, yang menunjukkan konsistensi antarpenilai berada pada kategori reliabel. Uji kepraktisan yang dilakukan terhadap mahasiswa PG-PAUD menunjukkan rerata skor sebesar 3,48, yang termasuk dalam kategori baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar digital yang dikembangkan tidak hanya layak digunakan dalam proses pembelajaran, tetapi juga efektif dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menganalisis permasalahan melalui pendekatan pembelajaran yang kontekstual dan bermakna, sesuai dengan tuntutan kompetensi abad 21 dalam pendidikan anak usia dini.
Referensi
Arends, R. I. (2014). Learning to teach (10th ed.). McGraw-Hill Education.
Barrows, H. S. (1996). Problem-based learning in medicine and beyond: A brief overview. New Directions for Teaching and Learning, 1996(68), 3-12.
Bonk, C. J. (2009). The world is open: How web technology is revolutionizing education. Jossey-Bass.
Fauziyah, D., & Anistyasari, A. (2020). Pengembangan bahan ajar berbasis studi kasus pada pendidikan tinggi. Jurnal Pendidikan, 15(2), 45-58.
Hammond, M. (1980). The case method: An approach to teaching and learning. Journal of Higher Education, 51(4), 377-390.
Herreid, C. F. (2007). Case studies in science: A novel approach to teaching science. Journal of College Science Teaching, 36(6), 24-29.
Jonassen, D. H. (1999). Designing constructivist learning environments. In C. M. Reigeluth (Ed.), Instructional design theories and models (Vol. 2, pp. 215-239). Lawrence Erlbaum Associates.
Loughran, J., & Berry, A. (2005). Teaching about teaching: Purpose, passion, and pedagogy in teacher education. Routledge.
Mayes, T., & Fowler, C. (2006). Learning and teaching in a digital age. Journal of Educational Media, 31(2), 141-146.
McNiff, J. (2013). Action research: Principles and practice (3rd ed.). Routledge.
Moursund, D. G. (2003). Introduction to computers and education. International Society for Research in Education and Development.
NAEYC (National Association for the Education of Young Children). (2020). Developmentally appropriate practice in early childhood programs serving children from birth through age 8. NAEYC.
Riel, M., & Becker, H. J. (2008). The role of technology in transforming education. TechTrends, 52(5), 24-29.
Roblyer, M. D., & Doering, A. H. (2014). Integrating educational technology into teaching (6th ed.). Pearson.
Shulman, L. S. (1987). Knowledge and teaching: Foundations of the new reform. Harvard Educational Review, 57(1), 1-22.
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. Jossey-Bass.
Widodo, H. P., & Cahyono, B. Y. (2017). The effectiveness of case method in developing problem-solving skills of pre-service teachers. Journal of Education and Practice, 8(6), 45-52