Analisis Perkembangan Olahraga E-Sport di Provinsi Riau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap fakta tentang perkembangan olahraga e-sport (olahraga elektronik) di Provinsi Riau. Lalu penelitian ini dilakukan untuk menggali sebanyak mungkin informasi tentang perkembangan e- sport (olahraga elektronik) di masyarakat Provinsi Riau. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualiatatif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis datanya menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan komunitas olahraga e-sport di Provinsi Riau berkembang secara bertahap dari tahun ke tahun dengan proses yang telah dilalui melalui program-program yang telah dirancang untuk peningkatan prestasi eSport. Perkembangan yang meningkat memunculkan atlet baru yang bertalenta untuk regenerasi pemain yang didapatkan dari komunitas serta dapat berprestasi dibidang e-sport. Jadi dapat disimpulkan bahwa perkembangan olahraga e-sport di Provinsi Riau mengalami peningkatan yang signifikan secara bertahap.

https://doi.org/10.31258/jassi.4.1.72-85
PDF (English)

Referensi

Anni, Y. (n.d.). ABSTRACT Title of the Publication: Benefits of physical training in esports: Do esports players experience physical training beneficial for successful gaming? Degree Title: Bachelor’s Degree in Sports and Leisure Management.

Anyang-Kaakyire, S. N. (2018). IS ESPORT, A SPORT?

Block, S., & Haack, F. (2021). eSports: a new industry. SHS Web of Conferences, 92, 04002. https://doi.org/10.1051/shsconf/20219204002

Carbonie UNSW Sydney, A., Guo, Z., & Cahalane, M. (2018). Positive Personal Development through eSports Positive Personal Development through eSports Research-in-Progress. https://doi.org/10.26190/unsworks/26988

Dhedhy, Y., Ruruh Andayani, B. (2021). Legitimasi Esportss dalam Kecabangan Olahraga : Studi Literature Review

Funk, D. C., Pizzo, A. D., & Baker, B. J. (2018). eSport management: Embracing eSport education and research opportunities. In Sport Management Review (Vol. 21, Issue 1, pp. 7–13). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.smr.2017.07.008

Kane, D., & Spradley, B. D. (2017). Mengenali Esports sebagai Olahraga thesportjournal.org/article/recognizing-esports-as-a-sport.

Kurniawan, F., Kepelatihan, P., Fakultas, O., Keolahragaan, I., & Yogyakarta, U. N. (2019). E-Sport dalam Fenomena Olahraga Kekinian. JORPRES (Jurnal Olahraga Prestasi), 15(2), 61–66.

Mengenai Aspek Sosial, T., Filosofi Olahraga Yudha Bela Persada, dan, Baskora Aji, R. P., & Artikel, I. (n.d.). Indonesian Journal for Physical Education and Sport KAJIAN REFERENSI E-SPORT DALAM RANAH OLAHRAGA. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/inapes

Michael G. Wagner, Dapartment for Interactive Media and Educational Technology Danube University Krems, Austria,. On the Scientific Relevance of eSport

Scholz, T. M. (2020). Deciphering the World of eSports. In JMM International Journal on Media Management (Vol. 22, Issue 1, pp. 1–12). Routledge. https://doi.org/10.1080/14241277.2020.1757808

Shynkaruk, O., Byshevets, N., Iakovenko, O., Serhiyenko, K., Anokhin, E., Yukhno, Y., Usychenko, V., Yarmolenko, M., & Stroganov, S. (2021). Modern approaches to the preparation system of masters in esports. Sport Mont, 19, 69–74. https://doi.org/10.26773/smj.210912

Southern, N. (n.d.). The rise of eSports: A new audience model and a new medium? www.loleSports.com/en_US/articles/worlds-2015-

Todt, N. S., Pase, A. F., Scarton, A. M., Rolim, L. H., Berlitz, G. Z., & Baptista, L. V. (2020). The eSports and Olympic Games: Perspectives of an ongoing debate. Journal of Human Sport and Exercise, 15(Proc1), 94–110. https://doi.org/10.14198/jhse.2020.15.Proc1.10