Penerapan Model Discovery Learning sebagai Upaya Peningkatan Passing Bola Basket pada Siswa Kelas V SD Negeri 13 Pekanbaru

Abstrak

Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan dengan melalui observasi, teknik kepustakaan, dokumentasi, penilaian atau tes pada siswa. Data yang dikumpulkan pada setiap kegiatan observasi dari pelaksanaan siklus PTK dianalisis dengan secara deskriptif dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat hasil yang terjadi didalam proses. Untuk mengumpulkan data penelitian digunakan dengan metode tes. Tes dilakukan untuk mengukur kemampuan peserta didik, sehingga tes yang digunakan merupakan bentuk tes prestasi (hasil belajar) yang diberikan kepada 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan hasil yang dilakukan pada teknik gerak dasar passing bola basket siswa kelas V SD Negeri 13 Pekanbaru dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada Prasiklus mencapai KKM 75 sebanyak 15 siswa, terdapat 21 siswa pada Siklus I dan 28 siswa yang pada Siklus II. Dikategorikan kedalam nilai “tuntas” hal ini membuktikan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning semakin efektif pembelajaran gerak dasar passing bola basket.

https://doi.org/10.31258/jassi.4.2.59-70
PDF (English)

Referensi

Ana, N. Y. (2019). Penggunaan Model Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 56. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000

Annisa, & Sholeha, D. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Discovery Learning. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 218–225.

Bintang, R., Putra, S., Mubin, D., & Candra, A. T. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Chest Pass Dengan Menggunakan Metode Bermain Triangle Pada Siswa Kelas VIII MTsN Banyuwangi. 4(April), 1–5.

Dewi, R., Muassomah, M., & Wargadinata, W. (2016). Discovery Learning Model in Reading Skill Learning at Madrasah Aliyah Al-Umm: Analysis of Implementation and Student Response. Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 9(1), 1–15.

Fauzi, M. K. (2015). Upaya meningkatkan hasil belajar Chest Pass bola basket melalui Media Audiovisual.

Indiastuti, F. (2017). Pengembangan Perangkat Model Discovery Learning Berpendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 2(1), 41–55.

Jasmani, M. S.-P., Keolahragaan, F. I., Jasmani, D. S.-P., & Keolahragaan, F. I. (2014). PENERAPAN PERMAINAN BOLA BASKET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ( Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Nganjuk Tahun Ajaran 2013 / 2014 ) Taufan Reza Putra Dwi Cahyo Kartiko Abstrak. 02, 398–401.

Jasmani, T. K. (2012). Journal of Physical Education , Sport , Health and Recreations. 1(1).

Kamran. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Passing Dalam Permainan Bola basket Menggunakan Gaya Mengajar Divergent Di SMA Negeri 4 Wajo. Kamran PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR 2020, 1–15.

Mile, S., & Ruslan, R. (2021). Discovery learning untuk Meningkatkan Dribble Bola basket. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(1), 33–39.

Muhajir, M. (2017). Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan SMP/MTs Kelas VII. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Rudyanto, H. E. (2016). Model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 4(1), 41–48.

Utomo, M. P. (2022). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Olahraga Basket. Jurnal Edukasimu, 2(4), 1–9. http://edukasimu.org/index.php/edukasimu/article/view/116

Wahyudi, W., & Siswanti, M. C. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik Melalui Model Discovery Learning dengan Permainan terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(3), 23–36.