Minat Siswa dalam Mengikuti Ekstrakurikuler Pencak Silat di SMA PGRI Pekanbaru

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah olahraga pencak silat yang menjadi salah satu kegiatan ekstrakurikuler SMA PGRI Pekanbaru dimana setiap tahun ajaran baru semakin berkurang peminatnya. Untuk mengatasi masalah ini, telah diupayakan langkah-langkah strategis yang dapat diimplementasikan oleh pihak sekolah dan komunitas pencak silat dengan cara perbaikan fasilitas latihan agar lebih memadai dan nyaman bagi siswa sehingga siswa berkeingingan berlatih dan berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler pencak silat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana minat siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler pencak silat di SMA PGRI Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan populasi berjumlah 132 orang. Teknik pengambilan subjek penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling yakni sampel adalah jumlah siswa yang mengisi angket sebanyak 87 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan skala likert. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa minat siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler pencak silat di SMA PGRI Pekanbaru tergolong dalam kategori Cukup karena termasuk pada rentang nilai kriteria penilaian skor angket 41-60% dengan persentase sebesar 59,16%, sehingga peneliti menyarankan bahwa pihka sekolah dan pelatih harus berusaha untuk mempromosikan, mengembangkan minat dan meningkatkan daya tarik siswa untuk dapat mengikuti ekstrakurikuler pencak silat di SMA PGRI Pekanbaru.

https://doi.org/10.31258/jassi.4.3.30-42
PDF (English)

Referensi

Aguss, R. M., & Fahrizqi, E. B. (2020). Analisis Tingkat Kepercayaan Diri Saat Bertanding Atlet Pencak Silat Perguruan Satria Sejati. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(2), 164-174. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.9117.

Edwarsyah, Hardiansyah, S., & Syampurna, H. (2017). Pengaruh Metode Pelatihan Circuit Training Terhadap Kondisi Fisik Atlet Pencak Silat Unit Kegiatan Olahraga Universitas Negeri Padang. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/penjakora.v4i1.11749.

Fajar, G. R., Julianti, R. R., & Siswanto. (2020). Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Penjas Berbasis E-Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMKN 1 Batujaya. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8), 666–671. https://doi.org/10.5281/zenodo.5804628.

Hariyanti, W., Astra, I. ketut B., & Suwiwa, I. G. (2019). Pengembangan Model Latihan Fleksibilitas Tingkat Pemula dalam Pembelajaran Pencak Silat. Jurnal Penjakora, 6(1), 57. https://doi.org/10.23887/penjakora.v6i1.17713.

Kriswanto, S. (2015). Pencak Silat. Yogyakarta. PT. Pustaka Baru.

Mirfen, R. Y., & Umar. (2018). Tinjauan Tingkat Kondisi Fisik Atlet Pencak Silat. Jurnal Patriot, 10(9), 278–284. https://doi.org/10.24036/patriot.v0i0.44.

Mulyana. (2013). Pendidikan Pencak Silat. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Nasution. (2017). Buku Pintar Pencak Silat. Jakarta Timur. Anugrah.

Nazirun, N., Gazali, N., & Fikri, M. (2020). Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani. JURNAL PENJAKORA, 6(2), 119-125. https://doi.org/10.23887/penjakora.v6i2.20898.

Pramana, R. A., Ratri, J. R., & Syafei, M. M. (2022). Survey Minat Belajar Penjas dan Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Kelas X di SMK Pamor Cikampek Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Https://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/Index.Php/JIWP, 7(1), 41-48. https://doi.org/10.5281/zenodo.5155262.

Prasetya, A., & Sasmarianto. (2023). Tinjauan Tingkat Kondisi Fisik Atlet Pencak Silat PSHT Duri Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis. SICEDU : Science and Education Journal, 2(1), 180–185. https://doi.org/10.31004/sicedu.v2i1.97.

Ramdani, M., Barlian, E., Irawadi, H., & Suwirman. (2020). Kondisi Fisik Atlet Pencak Silat. Jurnal Patriot, 2(4), 966–981. https://doi.org/10.24036/patriot.v2i4.745.

Rauf, A. (2019). Survei Minat Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga di MAN 1 Makassar. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Universitas Negeri Makassar, 1(2), 29–41. https://doi.org/10.43856/Stjdhj. 15072.

Riduwan. (2020). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung. Alfabeta.

Saleh, M. S., & Malinta, S. S. (2020). Survei Minat Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Smpn 30 Makassar. Kinestetik, 4(1), 55–62. https://doi.org/10.33369/jk.v4i1.10347.

Saputra, N., & Aziz, I. (2020). Tinjauan Tingkat Kondisi Fisik Pemain Bolavoli Putra Sma 2 Pariaman. Jurnal Performa Olahraga, 5(1), 32–38. https://doi.org/10.24036/jpo137019.

Sardiman. (2019). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. PT. Rajawali Press.

Sari, M., Risma, N., & Ulfa, D. A. (2021). Pembelajaran pendidikan jasmani adaptif: Minat siswa tunarungu dalam pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 2(3), 171–179. https://doi.org/10.25299/es:ijope.2021.vol2(3).7905.

Sudijono, A. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Administrasi. Bandung. Alfabeta.

Sukma, A. (2016). Buku Olahraga Paling Lengkap. Pamulang. Ilmu.

Sutriadi, T. (2019). Survei Minat Siswa Terhadap Permainan Sepaktakraw di SMP Negeri 1 Baranti Kabupaten Sidrap. Repository Universitas Negeri Makassar, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.52463/jpo.1.1.573345.

Suwirman. (2011). Teknik Dasar Pencak Silat. Padang. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang. Hal:47.

Setiawan, Y. A., Abduloh, & Nasution, H. N. S. (2021). Minat Siswa dalam Pembelajaran Penjas pada Masa Pandemi Covid-19 di SMPN 1 Telukjambe Barat Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(5), 301–309. https://doi.org/10.5281/zenodo.5541056.

Setyawati, R. D. (2018). Instrumen Angket Self-Esteem Mahasiswa Ditinjau Dari Validitas Dan Reliabitas. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 7(2), 174–186. https://doi.org/10.21580/phen.2017.7.2.1932.

Wahab, R. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Wardoyo. (2014). Pecak Silat Edisi Kedua. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.