Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode permainan 3 lawan 3 terhadap keterampilan passing atas bola voli pada siswa ekstrakurikuler di SMP Negeri 31 Pekanbaru. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan teknik passing atas yang dilakukan oleh siswa, seperti posisi kaki yang tidak tepat, kesalahan pada tangan dan siku, serta kontak bola yang tidak sesuai. Metode yang digunakan adalah true experimental design dengan desain kelompok pretest-posttest acak. Sampel penelitian terdiri dari 18 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberi perlakuan berupa latihan dengan metode permainan 3 lawan 3 selama 16 kali pertemuan, sedangkan kelompok kontrol tidak diberi perlakuan. Instrumen penelitian menggunakan tes keterampilan passing atas. Hasil analisis data menggunakan uji-t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari metode permainan 3 lawan 3 terhadap peningkatan keterampilan passing atas. Kelompok eksperimen mengalami peningkatan nilai rata-rata dari 10,56 menjadi 18,44, sedangkan kelompok kontrol meningkat dari 5,67 menjadi 7,78. Hasil ini menunjukkan bahwa metode permainan 3 lawan 3 efektif dalam meningkatkan keterampilan passing atas siswa.
Referensi
Arikunto, (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta.s
Astuti, Y., & Mardius, A. (2018). Efek Metode Latihan Sirkuit dan Metode Rangkaian Bermain Terhadap Keterampilan Teknik Dasar Bermain Bolavoli. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 73–82.
Atsani, M. R. (2020). meningkatkan kemampuan passing bawah bolavoli menggunakan metode bermain. 88–96.
Darmawan, A. R. (2012). Pengaruh Metode Bermain Terhadap Kemampuan Passing Atas Bola Voli Peserta Ekstrakurikuler Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bantul.
Erliana, M. (2014). Pengaruh Pembelajaran Model Bermain Terhadap Keterampilan Passing Bawah Bola Voli Mini. Jurnal Multilateral Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 13(1), 53–62.
Hidayat, Witono. (2017). Buku Pintar Bola Voli. Jakarta: Anugerah.
Kurniawan, Feri. (2012). Buku Pintar Pengetahuan Olahraga. Jakarta Timur: Laskar Aksara.
Mulyadi, dwi yulia nur, & Pratiwi, E. (2020). Pembelajaran Bola Voli (N. Anggara & N. Asri (eds.); I, Vol. 3). bening media.
Nurhasan, (2001). Tes Dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani (1st ed.). Direktorat Jenderal Olahraga.
Ritonga, Z. (2007). Statistik Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. cendekia insani.
Rohendi, A. (2018). Metode Latihan dan Pembelajaran Bola Voli Untuk Umum. alfabeta.
Rohendi, Aep., & Suwandar Etor. (2017). Model Latihan Dan Pembelajaran Bola Voli Untuk Umum. Bandung: Alfabeta.
Santoso, (2014). TINGKAT KETERAMPILAN PASSING-STOPING DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA PADA MAHASISWA PJKR B ANGKATAN 2013. 10(November), 40–48.
Setiadi, B. (2011). Permainan Bola Voli, Sejarah, Teknik, Taktik, Fisik, dan Peraturan. Bandung: Gotong Royong.
Subroto, Toto, Yudiana, dan Yunyun. (2010). Permainan Bola Voli. Bandung : FPOK UPI.
Sugiyono, (2014). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2017). Metode penelitian kualitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. alfabeta.
Winarno, (2013) Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani. Malang: UM Press.
a. (2013). Teknik Dasar Bermain Bola Voli. Universitas Negeri Malang.