Hubungan Kebugaran Jasmani dengan Hasil Belajar Penjas Siswa SD IT Al Qudwah Pekanbaru Kelas V.A

Abstrak

Penelitian ini di lakukan dengan tujuan untuk mengetahui lebih lanjut hubungan kebugaran jasmani dengan hasil belajar penjas siswa SD It Al Qudwah Pekanbaru kelas V.A, Permasalahan yang di temukan pada penelitian ini yaitu peserta didik masih sering mengalami kesulitan dalam pembelajaran PJOK, selain itu  didapatkan bahwa kebanyakan peserta didik memiliki kebiasaan saat di rumah seperti bermain game online dari pada kegiatan olahraga, yang mengakibatkan pengaruh yang besar terhadap kesegaran jasmani peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dan  penelitian ini di lakukan di SD It Al Qudwah Pekanbaru, kemudian sampel yang dipakai adalah total sampling (sampel jenuh), dimana seluruh populasi dijadikan sampel. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: dari hasil uji Hipoteis diatas untuk menerima atau menolak Ho dengan bantuan nilai signifikan, jika nilai Sig < 0,05 maka Ho ditolak, sebaliknya jika nilai Sig > 0,05 maka Ho diterima. Dari tabel output di atas terlihat Sig = 0,207 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan ada korelasi atau hubungan antara data hasil Tes Kebugaran Pelajar Nusantara (TKPN) dan data hasil belajar. Dengan melihat nilai korelasi kedua variabel tersebut r = 0,273. Hal ini menunjukkan nilai dengan tingkat hubungan dan korelasi rendah. Jadi terdapat hubungan yang signifikan antara data hasil TKPN dan data hasil belajar adalah rendah.

https://doi.org/10.31258/jassi.4.3.101-112
PDF (English)

Referensi

A.Octavia, S, 2020. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Ahmad Fauzi. 2011. Skripsi. Surakarta : UMS

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Agus Mahendra. 2000. Senam. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Depdiknas.

dalam Undang-Undang Sistem Keolahragaan Nasional Republik Indonesia Tahun 2005 (RI, 2005).

Drenowatz, C., Hinterkörner, F., & Greier, K. (2021). Physical Fitness and Motor Competence in Upper Austrian Elementary School Children — Study Protocol and Preliminary Findings of a StateWide Fitness Testing Program. Frontiers in Sport and Active Living, 3(February), 1–11. https://doi.org/10.3389/fspor.2021.635478.

Fariha, A. N. (2022). Pengaruh Kecanduan Game Online terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik MI Ta'allamul Huda (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Hermawan, I., Sonjaya, A. R., & Raswan, M. S. (2022). Hubungan antara tingkat kebugaran jasmani dengan konsentrasi belajar pendidikan jasamani siswa. Holistic Journal of Sport Education, 1(2), 52-59.

Irmansyah, J., Sakti, N. W. P., Syarifoeddin, E. W., Lubis, M. R., & Mujriah, M. (2020). Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di sekolah dasar: deskripsi permasalahan, urgensi, dan pemahaman dari perspektif guru. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(2).

Jannah, M., & Hidayat, T. (2023). Penerapan Metode Role Playing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kebugaran Jasmani. Jurnal Penjakora, 10(2), 90-99.

Kuantitatif, P. P. (2016). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Pratama, R. Y., Sulastio, A., & Agust, K. (2023). Hubungan Sarana Prasarana dan Proses Pembelajaran dengan Hasil Belajar Olahraga di SMA Negeri 16 Pekanbaru. Riyadhoh: Jurnal Pendidikan Olahraga, 6(1), 88-95.

Ramadhan, M. R. (2024). Konsep Pendidikan Akhlak KH. Ahmad Dahlan dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam Era 4.0 (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Rosyid, A. A., & Hidayat, T. HUBUNGAN KEBUGARAN JASMANI TERHADAP PRESTASI AKADEMIK SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Sunan Ampel Porong).

Sobarna, A., Hambali, S., & Koswara, L. (2020). Hubungan tingkat kebugaran jasmani dan persepsi siswa terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Jurnal Master Penjas & Olahraga, 1(1), 1-11.

Syafi'i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 115-123.

Tes Kebugaran Pelajar Nusantara, kemenpora (2022).

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Republik Indonesia Tahun 2003 (RI, 2003).

Wahyuni, S., & Ruyadi, Y. (2018). Faktor Yang Melatarbelakangi Perubahan Gaya Hidup Anak Pada Keluarga Tenaga Kerja Wanita. Sosietas: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 8(1).

Wardika, I. N. (2019). Penerapan Permainan Tradisional untuk mengatasi kejenuhan Belajar PJOK. Journal of Education Action Research, 3(3), 231-237.