Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kegiatan kolase sekam padi mempengaruhi keterampilan motorik halus anak-anak di Paud Sola Gracia Balige,Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, yang berusia antara 5 sampai 6 tahun. Penelitian ini didasari oleh keterampilan motorik halus anak di PAUD Sola Gracia Balige masih kurang berkembang. Hal tersebut dilihat dari anak yang belum bisa meniru bentuk pola atau gambar yang sudah ada, anak yang masih belajar menggenggam pensil, anak yang belum dapat menggunting sesuai pola yang diberikan, anak kesulitan menggunakan alat makan dengan benar, anak kesulitan mengancingkan baju atau mengikat tali sepatu. Daerah Balige banyak memiliki limbah sekam padi yang dapat digunakan untuk kolase. Penelitian ini melibatkan semua siswa di Paud Sola Gracia Balige memiliki total 27 siswa. Metode purposive sampling digunakan untuk memilih 18 siswa sebagai sampel penelitian, Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test yang mengukur keterampilan motorik halus anak-anak. Selanjutnya data dianalisis menggunakan uji statistik Wilcoxon. Hasilnya menunjukkan motorik halus anak setelah posttest lebih baik dibandingkan pretest. Nilai rata-rata pretest adalah 14,5, kategori mulai berkembang (MB), dan nilai rata-rata posttest adalah 18,7, kategori berkembang sesuai harapan (BSH). Dari perbedaan nilai rata-rata antara pretest dan posttest yang sebesar 4,2. didapat kesimpulan terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan motorik halus anak usia 5-6 tahun melalui kolase media sekam padi di Paud Sola Gracia. Berdasarkan hasil penelitian ini, guru disarankan untuk terus meningkatkan keterampilan motorik halus anak-anak.
Referensi
Aep. (2017). PERKEMBANGAN MOTORIK.
Aguss, R. M. (2021). Analisis Perkembangan Motorik Halus Usia 5-6 Tahun Pada Era New Normal. Sport Science and Education Journal, 2(1), 21–26. https://doi.org/10.33365/ssej.v2i1.998
Agustina, N., Chandra, C., Ariyanto, E., & ... (2021). Edukasi Usia Dini: School Based Vector Control (SBVC) dengan menggunakan Media Daur Ulang Sekam Padi di TK Mawar Kecamatan Gambut. Jurnal Pengabdian …, 6(1), 23–32. http://www.ppm.ejournal.id/index.php/pengabdian/article/view/597%0Ahttp://www.ppm.ejournal.id/index.php/pengabdian/article/download/597/326
Ariyanti, F., & Damanik, S. H. (2023). The Effect of Collage Activities on Fine Motor Skills of Children Aged 5-6 Years at PAUD Harapan Ummat Academic Year 2022/2023. Asian Journal of Applied Education (AJAE), 2(3), 437–444. https://doi.org/10.55927/ajae.v2i3.5243
Destiana, D. (2018). KREASI KOLASE Find, Collect, and Fun Together. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 80–89. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10501
Fatmawati, Ayu, F. (2020). PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK ANAK USIA DINI. Caramedia Communication.
Hengki Primayana, K. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Berbantuan Media Kolase Pada Anak Usia Dini. PURWADITA: Jurnal Agama Dan Budaya, 4(1), 91–100. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/Purwadita
Khadijah, & Amelia, N. (2020). Perkembangan FISIK MOTORIK Anak Usia Dini.
Nasem, N., Iskandar, Y. Z., & Kusmiati, E. (2022). Meningkatkan Koordinasi Gerak Tangan Anak Usia 5-6 Tahun pada Tari Sunda melalui Aplikasi TikTok di PAUD Permata Hati. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1919–1927. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.654
Putri, R., Maghfiroh, R., Jumiatmoko, Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2021). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan KolaseBahan Bekas Studi Literatur. Jurnal Golden Age, 5(2), 314–322.
Saraan, A., & Ramadhani, R. (2024). TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK UMUR 5-6 TAHUN DI TK. 7, 17964–17973.
Syaputri, R., & Simaremare, A. (2023). Pengaruh Bermain Playdough Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Kristen Bina Misi Pniel. II(1), 69–75.
Umah, Af’idah, L. (2023). Pelaksanaan Kegiatan Kolase menggunakan Media Sekam dalam Meningkatkan Fisik Motorik Halus Anak di TK Mardisiwi ds. Mojosari kec. Karanggede kab. Boyolali.