Abstrak
Dalam permainan sepakbola terdapat keterampilan dasar yang cukup kompleks dan keterampilan dasar ini perlu dipelajari dan dikuasai oleh siswa terutama siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), maka perlu diberikan pembelajaran secara intensif supaya siswa dapat melakukan keterampilan dasar tersebut dengan baik dan benar. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk memperoleh informasi keterampilan gerak menggiring dan menendang bola dalam permainan sepakbola. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan metode survei. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah keterampilan gerak menggiring dan menendang bola dalam permainan sepakbola. Analisis data penelitian pada penelitian yang akan dilakukan meliputi analisis data kuantitatif dengan hasil presentase menggunakan microsoft excel. Hasil penelitian adalah jumlah peserta didik (N) adalah 68, dengan hasil rata-rata presentase penilaian keterampilan gerak menggiring bola termasuk dalam kategori baik dengan perolehan presentase siswa putra sebesar 39% dan siswa putri sebesar 44%, dan hasil rata-rata presentase penilaian keterampilan gerak menendang bola termasuk dalam kategori sangat baik dengan perolehan presentase siswa putra sebesar 47% dan siswa putri sebesar 50 %. Jadi dapat disimpulkan bahwa keterampilan gerak menggiring dan menendang bola siswa kelas VII tergolong pada kondisi cukup baik.
Referensi
Alaswati, S. (2016). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 PJOK. Journal of Physical Education and Sports, 5(2), 111–119.
Aji, B. S.(2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga.2015, 267–283.
Astutik, N. W. W. (2022). International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding Evaluation of Online Learning for Physical Education in Sport and Health ( PJOK ) in State Elementary School Throughout Bantul Regency. 4, 399–406.
Azis, T. N., & Shalihah, N. M. (2020). Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Google Form. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 54. https://doi.org/10.32832/tawazun.v13i1.3028
Dikriansyah, F. (2018). No Pelaksanaan Evaluasi dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Pedan Kabupaten Klaten Title. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127%0Ahttp://publicacoes.cardiol.br/portal/ijcs/portugues/2018/v3103/pdf/3103009.pdf%0Ahttp://www.scielo.org.co/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S012175772018000200067&lng=en&tlng=
Dinler, E., Badat, T., Kocamaz, D., & Yakut, Y. (2020). Evaluation of the Physical Activity, Sleep Quality, Depression, and Life Satisfaction of University Students During the COVID-19. International Journal of Disabilities Sports & Health Sciences, 3(December), 128–139. https://doi.org/10.33438/ijdshs.770346
Eryadi, D. (2021). Pengembangan instrumen tes heading.Surakarta:Universitas Sebelas Maret.
Hartanto Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, D. (2015). Pengaruh Latihan Menggiring Bola Menggunakan Bola Berbeda Ditinjau Dari Koordinasi Mata-Kaki Terhadap Peningkatan Kemampuan Menggiring Bola. Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(1), 56.
Heriyanto, L. (2016). Untuk Meningkatkan Ketepatan Shooting Menggunakan Punggung Kaki Siswa Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Di Smp N the Effects of Kicking Variation Practice To Various Targets in Order To Increase. Journal Student UNY, 1–10.
Ibrahim, A., Widodo, A., & Surabaya, U. N. (2021). Google Form Untuk Mengukur Pengetahuan Siswa. Education and DevelopmentInstitut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(2), 175–182.
Kunto, A. (2021). Capaian Pembelajaran. Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan, 1, 1–822. http://smkpk.ditpsmk.net/assets/dok_pendukung/3-Salinan_Surat Keputusan Nomor 028, Cp, Paud, SD, SMP, SMA, SDLB, SMPLB, dan, SMALB.ok.pdf
Kurniawan, R. 2018. Analisis Gerak Dasar Anak Usia 6-7 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 12–19 https://doi.org/10.2991 /icece-16.2017.3
Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2020). Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 244–257. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Masruri, R. (2017). Penyusunan Instrumen Penilaian Pengetahuan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan SMP Kelas VII Semester Gasal. Universitas Negeri Malang, 49–63.
Nizary, M. A., & Nur Kholik, A. N. K. (2021). Validitas Instrumen Assesmen (Analisis Validitas Isi Dan Konstruk Instrumen Asesmen Buku Pelajaran Al Quran Hadis Kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah Materi Surat Ad Dhuha Bab Vi). Jurnal CONTEMPLATE, 2(01), 21–42. https://doi.org/10.53649/jucon.v2i01.316
Radulian, I. (2022). Analysis Of The Physical Education XIV(1), 47–55. https://doi.org/10.24818/mrt.
Rezki, R. 2016. Analisis Gerak Motorik Dasar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Journal Sport Area, 1(1), 63-70 https://doi.org/10.30814/sportarea.v1i1.375
Siregar, E. Y., Holila, A., & Ahmad, M. (2020). the Validity of Learning Devices With a Contextual Approach To Improve Concept Understanding Abilities. Akademika, 9(02), 145–159. https://doi.org/10.34005/akademika.v9i02.929
Sudaryoto, M., Rahayu, T., & Rahayu, S. (2017). Model Penilaian Kemampuan Bermain Sepakbola dalam Small Side Game bagi Pemain Usia Muda. 72 Jpes, 6(1), 72–75. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes
Usahatani. (2017). Modul 1.
Utama Bandi, A. M. (2011). Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani, 1(1), 1–9.
Winarno. (2014). Evaluasi dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: Center For Human Capacity Development.
Wirayasa, I. D. G. P., Darmayasa, I. P., & Satyawan, I. M. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Ranah Kognitif Model 4D Pada Materi Sepak Bola Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Undiksha, 8(3), 81. https://doi.org/10.23887/jjp.v8i3.33760.